5 Rekomendasi SEO Yang Penting Yang Perlu Diperhatikan

Salah satu tantangan terbesar dalam SEO adalah mengukur dampak atau efektifitas – kita tahu apa yang penting atau yang tidak penting sampai aturan permainan telah berubah. Dan ketika kompetitor sudah melakukannya, pada akhirnya kita semua berjuang untuk mulai dari dasar lagi.

Kami mencoba membuat daftar apa yang bisa anggap sebagai rekomendasi SEO yang pasti. Daftar ini telah kami coba di beberapa website dan memiliki dampak yang dapat di ukur dan mungkin berguna bagi Kamu. Meskipun tidak semuanya berlaku karena pada akhirnya harus disesuaikan dengan kebutuhan spesifik situs milikmu, Berikut rincian dan contoh lebih lanjut.

Berikut adalah lima rekomendasi SEO yang secara konsisten yang memiliki dampak positif dalam dunia SEO yang terus berubah.

1. Struktur Data / Data yang terstruktur

Singkatnya, mengapa struktur data bermanfaat adalah untuk memberi tahu crawler apa yang ada di halaman website. Jika kamu tidak terbiasa dengan hal ini, bisa mengikuti panduan yang disediakan oleh google.

Data terstruktur membuat crawler lebih mudah dan cepat dalam memahami informasi yang di halaman website, membuatnya menjadi alat yang sangat berguna. Jika di terapkan dengan benar maka akan membuat dampak yang positif.

Berikut adalah tools yang dapat membantu kamu untuk memulai menggunakan struktur data:

– Mengikuti aturan google struktur data 
– Melakukan ujicoba
– Memeriksa kompetitor data

2. Penyegaran Halaman

Halaman lama yang di update bisa menjadi cara mudah untuk menunjukan kepada google seberapa update halaman website. Tidak hanya untuk blog dan berita, tetapi juga relevan dengan halaman produk yang terkait dengan tanggal. Jika kita berfikir dari prespektif pengunjung akan lebih mudah memahami mengapa penyegaran halaman sangat penting. Ketika kamu mendapatkan hasil pencarian yang memiliki tanggal lama, seperti artikel walau subjeknya sudah sesuai tetapi kamu akan menganggapnya kurang relevan jika dibandingkan halaman yang memiliki tanggal terbaru. Crawler juga mengetahui hal ini dan memiliki kemampuan untuk membedakan antara konten baru dan konten lama apakah memiliki tanggal didalamnya atau tidak.

Penyegaran halaman penting untuk industri apa pun, dan meskipun dengan merubah tanggal bisa membantu, namun konten yang ada didalamnya harus selalu mencerminkan dan menargetkan apa yang dicari pengguna. Berikut adalah beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan jika kamu merasa perlu me-refresh halaman:

  • Seberapa sering kamu melakukan penelitian kata kunci dalam 18 bulan terakhir dan memperbarui konten halaman berdasarkan hasil kata kunci?
  • Apakah website telah ditampilkan pada hasil SERP dengan tanggal dan jika demikian berapa umur tanggal ini?

3. Tautan Internal

Keseimbangan dari tautan internal mungkin tidak ada jawaban langsung, jadi tidak ada rumus pasti bagaimana cara yang tepat untuk melakukannya.
Yang pasti memiliki terlalu banyak tautan pada satu halaman dapat memberikan dampak yang negatif. Misalnya, menautkan ke semua kategori dari beranda bisa membantu pengguna untuk menjelajahi website atau cara tercepat bagi crawler untuk menemukan halaman, tetapi itu juga akan berdampak pada jumlah ekuitas halaman yang dikirimkan ke semua halaman yang ditautkan.

Jika semua halaman kategori dirayapi dan diindeks, Kamu dapat memutuskan untuk menautkan dari beranda hanya ke kategori atau layanan tertentu. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan ketika mengubah cara kamu menautkan secara internal dari beranda, beberapa di antaranya adalah:

  • Kemungkinan halaman untuk bersaing lebih baik
  • Penghasilan yang nantinya berasal dari halaman ini

Menyeimbangkan tautan internal jelas merupakan faktor peringkat penting karena akan menentukan bagaimana pengguna dan crawler menemukan halaman.

4. Tag Judul

Mengubah tag judul dan mencari tahu apakah itu memberi dampak positif bisa sangat sulit untuk dibuktikan. Penyaringan antara dampak negatif dan positif kadang tidak begitu kelihatan karena tergantung dari industri apa website milik kamu, jadi tidak ada aturan mutlak untuk mengubah judul. Dalam beberapa kasus yang telah diuji secara positif perubahan dapat berdampak jika judul diberikan tambahan kata bukan tanggal.

5. Mendapatkan Backlink

Satu hal yang secara konsisten membantu untuk mendapatkan backlink atau tautan eksternal adalah halaman dengan konten yang kreatif dan berbobot bukan halaman komersial (halaman yang hanya mencoba untuk menjual sesuatu) dan mereka akhirnya mendapatkan cukup banyak liputan dari sumber yang berbeda dan, kemudian, tautan eksternal.

Membangun halaman dengan konten kreatif yang sukses tidak mudah dan tidak akan menjamin peningkatan jumlah backlink tertentu, tetapi itu adalah salah satu cara teraman untuk mendapatkan backlink organik. Prosesnya juga bisa sangat susah dan mungkin juga tidak murah. Yang perlu di perhatikan adalah:

  • Ketahui tujuan kampanye utama
  • Jangan berharap jangka pendek – fokuslah pada strategi jangka panjang
  • Ukur hasil dengan beberapa alat

Jadi..

Mengukur dampak akan perubahan SEO adalah tantangan yang pasti akan selalu ada dan tidak semua teknik SEO yang kamu tuangkan pada konten akan berhasil. Setidaknya dari daftar pendek ini dapat memberi kamu beberapa ide dan arahan tentang hal-hal yang perlu dipertimbangkan dan layak di analisis kembali.

Share