7 Jenis Plugin WordPress Yang Wajib Di Install

Buat kamu yang menggunakan wordpress sebagai platform website atau blog, pasti menggunakan plugin wordpress untuk menambahkan fitur agar website kamu lebih menarik. Namun banyaknya plugin yang tersedia akan membuat kamu menjadi bingung apa saja plugin yang harus dipasang dan plugin apa yang cocok untuk website kamu, tentu kamu tidak ingin website milikmu malah semakin berat dan tidak optimal karena mencoba banyak plugin. Banyak kategori plugin bukan berarti kamu harus mencoba semuanya, setidaknya ada 7 jenis kategori plugin wordpress yang wajib kamu install, apa saja 7 jenis plugin tersebut?

Plugin SEO (Search Engine Optimization)

Plugin SEO adalah salah satu plugin yang sangat penting untuk WordPress. Dengan menggunakan Plugin SEO, Maka website kamu akan terlihat “menarik” oleh mesin pencari.  Karena ketatnya persaingan website di mesin pencari maka dengan Plugin SEO dapat membantu kamu menganalisa faktor-faktor yang bisa kamu optimalkan didalam website milik kamu, seperti judul, konten, kata kunci dan sebagainya.
Plugin SEO yang paling banyak digunakan antara lain: Yoast, All in One SEO dan Rank Math SEO.

Plugin Security / Keamanan

Plugin Security / Keamanan berfungsi untuk menangkal serangan dari para hacker / peretas. Keamanan merupakan hal wajib yang harus di perhatikan dari sebuah website terutama wordpress. Sebagai CMS yang paling populer tentu menjadi target yang populer juga oleh para peretas. Walau tidak 100% membuat website kamu menjadi aman karena banyak faktor yang membuat website rentan seperti penggunaan versi PHP dan Outdate Theme dan Plugin, Setidaknya dengan Plugin Security ini dapat mengurangi dampak nya, untuk itu Plugin jenis ini sangat wajib untuk kamu install.  Wordfence dan Sucuri bisa menjadi pilihan kamu. Sorabit cloud hosting sendiri memiliki fitur keamanan khusus dengan menggunakan imunify 360 membuat website kamu lebih aman dari peretas, malware dan virus.

Plugin Backup

Salah satu jenis Plugin WordPress yang wajib untuk di install adalah Plugin Backup Website. Plugin ini mempunyai fungsi yang sangat penting yaitu mampu mengembalikan data saat terjadi masalah pada website kamu. Masalah yang terjadi seperti file tidak sengaja terhapus, serangan peretas, dan database yang corrupt.  Kamu bisa menggunakan updraftplus atau BackWPup untuk wordpress milimu. Satu hal yang pasti jika kamu menggunakan cloud hosting di Sorabit, website kamu akan selalu di backup otomatis setiap hari dan file yang telah dibackup dapat di restore kapan saja.

Plugin Cache / CDN

Untuk sebuah website tentunya kecepatan menjadi hal yang paling utama, tidak terkecuali untuk WordPress. Membuka website dengan waktu loading lebih dari 3 detik membuat pengunjung pergi, untuk mengatasi hal tersebut menginstal Plugin Cache / CDN menjadi satu hal yang wajib kamu lakukan. Karena Plugin Cache bisa membuat website kamu menjadi lebih cepat diakses. Kamu bisa menggunakan W3 Total Cache atau Litespeed Cache. Khusus untuk CDN dan cache, cloud hosting sorabit menyediakan cloudflare untuk fitur CDN dan Litespeed Cache untuk cache website milik mu karena sorabit cloud hosting menggunakan litespeed untuk webserver yang digunakan. Disamping itu kelebihan dari plugin Litespeed Cache adalah Image Optimization yang dapat mengoptimalkan gambar yang kamu gunakan di wordpress.

Plugin Sosial Media

Jika website kamu memiliki konten yang bagus tentu pengunjung akan datang dengan sendirinya melalui mesin pencari, tetapi hal itu tentu tidak cukup bukan? Kamu pasti ingin lebih banyak pengunjung setiap hari dan lebih banyak lagi dan lagi. Social media bisa menjadi target pengunjung untuk website milik kamu. Dengan memanfaatkan plugin sosial media, pengunjung yang suka dengan kontenmu pasti akan senang berbagi. Tambahkan PluginIn Social Media dan biarkan pengunjung website mu saling berbagi.

Plugin Anti SPAM

Siapa yang tidak membenci SPAM? jika kolom komentar website kamu dipenuhi oleh komentar spam tentu sangat menyebalkan bukan? Semakin banyak pengunjung websitemu maka akan banyak juga spam yang akan muncul. Hal yang mudah adalah mematikan komentar, tetapi itu bukan solusi yang tepat, karena dengan adanya komentar membuat website kamu lebih hidup. Cukup Install Plugin Anti SPAM seperti Akismet dapat membantu mu menghindarkan website milik kamu dari SPAM yang menyebalkan.

Plugin Form

Yang terakhir Plugin yang wajib kamu install atau setidaknya sangat disarankan jika website kamu memerlukan form untuk berkomunikasi yakni  adalah Plugin Form. Dengan plugin ini kamu bisa mempermudah pengunjung untuk menghubungi kamu atau mengirimkan kamu pertanyaan atau membutuhkan informasi lainnya. Plugin yang paling populer adalah Contact Form 7 dan NinjaForm.

Demikianlah 7 Plugin WordPress yang wajib kamu install, atau setidaknya kamu tahu plugin apa saja yang harus kamu install di website wordpress milik kamu.

Share