Update Terbaru WordPress 5.5

Update Terbaru Wordpress 5.5 2

Pada tanggal 11 Agustus 2020 lalu, wordpress telah merilis update terbaru dengan nama Eckstine untuk menghormati Billy Eckstine.
WordPress 5.5 ini adalah rilis besar kedua pada tahun ini dan mencakup lebih dari 307 perbaikan bug, 157 peningkatan, dan implementasi dari permintaan fitur dari pengguna antara lain pembaruan otomatis hingga peningkatan fitur yang sudah ada, dari banyak nya fitur di Worpdress 5.5 kita akan bahas beberapa pembaruan paling signifikan:

Pembaruan Tema dan Plugin Otomatis

Memelihara situs WordPress bisa menjadi tugas yang memakan waktu, terutama jika kamu memilii banyak situs WordPress. Pembaruan plugin dari banyak website tentu tidak sebentar bisa memakan waktu berjam-jam tergantung pada berapa banyak situs web yang kamu kelola.

Menjaga core WordPress dan plugin serta tema agar selalu update sangat penting untuk menjaga keamanan situs. Apa yang dulunya adalah fitur yang disediakan oleh penyedia hosting WordPress, kini sudah tersedia di WordPress 5.5: Pembaruan Tema dan Plugin Otomatis. Sekarang kamu dapat memilih untuk tetap memperbarui plugin dan tema secara otomatis.

Peningkatan Aksesibilitas

WordPress membuat fitur aksesibilitas dengan serius. Versi 5.5 mencakup 34 perbaikan dan peningkatan aksesibilitas.

– Mode alternatif untuk daftar table
– Merubah widget daftar tautan menjadi blok navigasi HTML5
– Menyalin tautan di layar media dan dialog modal dapat dilakukan dengan satu klik
– Styling tombol baru yang dinonaktifkan
– Memindahkan kotak Meta dengan keyboard
– Logo di halaman depan tidak lagi terhubung ke halaman depan
– Status pesan di Editor Gambar untuk perangkat bantu
– Animasi goyang yang menunjukkan kegagalan login

Block Update

WordPress 5.5 mencakup sebelas rilis baru dari plugin Gutenberg, menghadirkan daftar panjang fitur baru yang menarik. Secara keseluruhan, Versi 5.5 menghadirkan lebih dari 1.500 peningkatan yang berguna pada pengalaman editor blok. Berikut ini beberapa di antaranya:

Inline image editing: Crop, rotate dan zoom gambar inline langsung dari image block
Block patterns: Membuat halaman yang rumit bisa sangat mudah dengan pola blok baru
Device previews: Lihat bagaimana konten akan terlihat bagi pengguna di berbagai ukuran layar
Block Directory: Cari, instal, dan masukkan blok pihak ketiga dari editor menggunakan direktori blok baru
Backgrounds and gradients: Kamu dapat menambahkan latar belakang dan gradien ke lebih banyak jenis blok, seperti grup, kolom, media & teks
Advance measurements support: Pilih ems, rems, persentase, vh, vw, dan banyak lagi. Selain itu, dapat digunakan untuk menyesuaikan ketinggian garis saat mengetik, mengubah penulisan dan penyusunan huruf

Image Lazy Load

WordPress 5.5 sekarang menyertakan lazy load dengan menggunakan standar browser baru. Gambar yang lambat dimuat tidak akan muncul browser pengguna dan fitur ini dapat menghemat bandwidth, dan meningkatkan kecepatan situs. WordPress 5.5 menjadikannya opsi default dengan menambahkan atribut ‘loading’ ke tag img. Atribut ini didukung oleh sebagian besar browser web modern.

ZIP file theme and plugin updates

Sebelum WordPress 5.5, pengguna tidak dapat memperbarui tema atau plugin melalui penginstalan file ZIP tanpa menggunakan plugin. Dalam versi terbaru ini memperbarui tema atau plugin bekerja dengan cara yang sama seperti mengunggah yang baru. WordPress sekarang mengarahkan pengguna ke layar baru yang membandingkan versi yang saat ini diinstal dengan versi yang diunggah setelah mengklik tombol Instal Sekarang.

XML Sitemaps

Sitemap sangat penting untuk SEO dan pengguna menemukan konten di situs web kamu. Sitemap XML sekarang disertakan di WordPress dan diaktifkan secara default. Fitur yang harusnya sudah muncul sejak dulu.

Akhir Kata tentang WordPress 5.5

Kami sendiri sudah menggunakan versi ini sejak rilis dan bisa di bilang peningkatannya sangat signifikan seperti yang telah kami sampaikan ditulisan ini. WordPress 5.5 juga sudah kami uji di Cloud Hosting Wodpress dan hasilnya luar biasa dalam peningkatan kecepatan akses.

Share

Strategi Link Building Untuk Pemula

Strategi Link Building Untuk Pemula 4

Tahukah kamu bahwa backlink adalah salah satu dari 3 faktor dari peringkat pencarian teratas Google? Disini akan kita bahas strategi link building untuk pemula.

Membangun link tautan dapat menjadi tantangan jika kamu tidak tahu harus mulai dari mana. Itu sebabnya banyak orang melewatkannya, karena kita semua tahu bahwa konten nomor 1, namun, faktanya tetap link building adalah suatu keharusan.

Dalam panduan strategi link building untuk pemula ini, akan kita bahas dasar-dasar backlink untuk memberi kamu pemahaman yang lebih baik tentang apa yang harus dan tidak dilakukan dalam membangun tautan atau link building. Bahkan jika kamu memutuskan untuk menggunakan jasa agen SEO untuk mengambil alih strategi backlinking, setidaknya kamu mempunyai pengetahuan dasarnya.

Apa itu Backlink?

Menurut pakar SEO Neil Patel, Backlink adalah tautan yang melakukan perjalanan dari situs web lain ke situs web kamu. Mereka dapat berasal dari situs media sosial, forum dan direktori, tetapi paling sering berasal dari posting blog dan konten situs web lain. Idealnya, tautan tersebut berasal dari situs web lain yang relevan dalam niche dan bidang industri web milik kamu.

Backlink dari seluruh semesta internet. Setiap tautan yang kamu kumpulkan adalah suara yang memberi tahu Google ada seseorang yang merekomendasikan atau menyukai konten kamu. Misalnya, ketika kamu membuat hyperlink yang mengarah suatu website lain adalah backlink. Mengapa? Karena kamu secara tidak langsung merekomendasikan website mereka.

Optimasi On-Page vs. Off-Page

Sekarang kita sudah tahu apa itu backlink, selanjutnya mari kita membangun peran mereka dalam optimasi mesin pencari.

  • On-page SEO adalah semua yang kamu lakukan pada halaman web milik kamu untuk menjadikannya “ramah terhadap mesin pencari”.
  • Off-page optimization segala sesuatu yang terjadi di luar situs kamu, tetapi masih membahas atau menyebut yang relevansi dengan brand milik kamu — sebagian besar merupakan backlink (karena mereka mengarah situs kamu).

Berdasarkan penelitian statistik dari backlinko – telah memberi tahu kita bahwa tempat utama di halaman mesin pencari (SERP) adalah situs web yang paling banyak ditautkan ke topik tersebut.

Apa arti nya bagi kita? Tidak peduli jika kamu memiliki konten yang bagus dan strategi on-page sudah di optimalkan sebaik mungkin, jika link profil tautan kamu jelek maka kamu tidak akan mendapat peringkat yang baik.

Mengapa? Jika kamu menulis konten yang mirip dengan pesaing, tidak ada jaminan bahwa kamu akan mengalahkan mereka, kecuali kamu memiliki top noth strategi SEO. Sederhananya, kamu harus membangun lebih banyak tautan daripada mereka.

Jadi, meskipun kamu masih perlu memahami dan melakukan optimasi on-page, kamu tidak boleh mengabaikan link buillding. Mungkin terasa jenuh bahwa SEO yang baik berarti menghabiskan banyak waktu untuk strategi backlink seiringan dengan mengembangkan konten.

Jenis Backlink

Hal pertama dari yang utama, bagaimana cara kamu mendapatkan backlink? strategi link building yang bisa kamu ikuti?

Ada beberapa cara untuk mendapatkannya dan ada beberapa cara untuk tidak perlu untuk mendapatkannya. Kita coba dengan cara yang paling baik untuk menarik tautan ke website kamu.

Editorial Links

Ini adalah jenis tautan paling berharga yang bisa kamu dapatkan dan berpotensi melambungkan situs kamu mesin pencari (SERP). Ini berasal dari situs yang kredibel yang dapat mendorong volume lalu lintas yang baik seperti Detik, Kompas atau sejenisnya.

Editorial Link diberikan secara alami oleh situs atau halaman yang menautkan ke konten, halaman, dan produk kamu. Untuk mendapatkan tautan ini, kamu memerlukan konten berkualitas baik di situs kamu dan terhubung dengan kontributor di situs web untuk menciptakan kesadaran tentang hal itu.

Manual Links

Kategori link building ini sering disebut sebagai membangun penjangkauan. Untuk mendapatkan tautan manual, kamu perlu menjalin hubungan dengan blogger dan editor, lalu meminta mereka menautkan ke halaman atau produk kamu.

Tentunya untuk mendapatkan link outreach melibatkan negosiasi. kamu perlu membuat proposisi yang membuat seseorang tahu mengapa membuat backlink untuk website kamu adalah bisa berguna bagi mereka.

Random Links

Kategori tutan ini bisa jadi tidak jelas karena mencakup segala sesuatu mulai dari Tautan Wiki, tautan direktori, profil pengguna, tanda tangan forum, tautan video, dan segala macam lain yang kamu kumpulkan di internet. Pengguna cukup mengirimkan situs mereka untuk ditampilkan kepada publik.

Tautan bernilai rendah ini menggambarkan bahwa semakin mudah mendapatkan backlink, semakin rendah nilainya. Terlalu banyak dari ini akan membuat situs kamu terlihat ‘spam.’ Layanan SEO berkualitas rendah cenderung menggunakan teknik ini.

Sekarang kamu tahu apa itu backlink dan mengapa itu penting, mari kita fokus untuk membangun profil backlink situs web kamu. Untuk mencapai posisi yang lebih baik di mesin pencari, kamu perlu menerapkan taktik yang menarik tautan web ke situs kamu.

Berikut adalah strategi link building yang bisa kamu gunakan;

Cari yang paling mudah

Sebagai pemula yang yang sedang melakukan link building, kamu mungkin merasa kewalahan. Untuk membantu kamu tetap fokus, kami sarankan memulai dengan sesuatu yang mudah – khususnya, backlink gratis dari direktori bisnis online.

Cukup daftarkan situs kamu di direktori bisnis, marketplace dan sebagainya lalu tanamkan backlink.

Taruh link kamu sesuai dengan niche atau dengan melakukan pencarian di google, seperti contoh direktori kerajinan tangan dan sebagainya.

Buat Konten yang bisa di tautkan

Jika kamu memiliki konten yang berharga, semakin besar kemungkinan orang akan membuat tautan di website miliknya. Kamu bisa mendapatkan ide konten dengan melakukan riset niche dan mempelajari kompetitor selanjutnya kamu akan dapat membuat konten berkualitas untuk website kamu.

Promosikan Konten di website lain

Jika kamu ingin mendapatkan trafik dari mesin pencari, kamu perlu mendapatkan tautan yang bagus ke website kamu secara konsiste. Untuk mendapatkan tautan itu, kamu tidak haya bisa mengandalkan orang orang telah mengunjungi website kamu dan berharap mereka akan menautkannya di website milik mereka.

Dalam SEO meminta orang-orang untuk memasang link disebut outreach. Cara yang terbaik adalah dengan menghubungi pemilik website melalui email atau pesan kepada mereka.

Membuat Guest Posting

Guest posting adalah cara mudah untuk mendapatkan backlink. Beberapa pemilik website mengijinkan beberapa guest post untuk mereka. Pastikan kamu membuat konten sesuai dengan niche mareka dan ikuti aturan link yang mereka terapkan. Dengan guest post kamu mendapatkan backlink yang lebih bertarget dan ini adalah strategi link building yang sering digunakan.

Tangkap Backlink Pesaing

Jika sesuatu strategi bekerja untuk pesaing, ada kesempatan strategi tersebut berhasil untuk kamu juga. Kamu bisa mencoba menyalin sumber link dari pesaing dan menganalisanya, gunakan tools dari ahrefs atau moz untuk mendapatkan hasil analisa backlink kompetitor.

Share

Apakah WordPress Kamu Sudah Aman?

Apakah Wordpress Kamu Sudah Aman? 6

Seperti yang kita tahu wordPress saat ini menguasai lebih dari sepertiga 10 juta situs web teratas di Internet, namun di balik itu turut juga menjadikannya 90% CMS dari semua situs web yang paling banyak diretas, dari jumlah sebanyak itu Apakah WordPress Kamu Sudah Aman dari peretasan?

WordPress sebelum di rilis ke public telah diaudit secara teratur oleh ratusan developer, kemudahan dan ketangguhan dari wordpress bukan berarti kita tidak perlu melakukan apa-apa terutama pada keamanannya karena itu adalah tanggung jawab kita, meskipun kamu menggunakan SSL dan kombinasi password yang kuat masih ada celah didalamnya.

Pastikan Kamu Menggunakan Tema dan Plugin Versi Terbaru

Tidak di pungkiri kebanyakan orang enggan untuk menggunakan teknologi terbaru, alasannya simple masalah compatibility alias kecocokan. Sama halnya dengan plugin dan tema wordpress, mungkin kamu tidak malas untuk me-maintain website kamu, tapi sering kali masalah nya adalah ketika update wordpress ke versi terbaru, plugin dan tema akan rusak karena tidak cocok dengan versi wordpress terbaru. Kita harus menunggu tim developer plugin/tema untuk melakukan update, belum lagi biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan update dari plugin/tema tersebut.

Mengingat bahwa tema dan plugin yang outdate alias tidak di kembangkan lagi adalah penyebab utama dari peretasan, penting bagi kamu untuk menggunakan tema dan plugin dimana pengembang nya aktif, jika tidak, ada baiknya kamu beralih ke tema dan plugin yang lain yang selalu up to date.

Tambah Lapisan Keamanan Login Url

Semua orang sudah tahu bawaan login url dari wordpress adalah /wp-admin dan /wp-login, seringkali url ini menjadi target peretas untuk melakukan bruteforce. Kamu bisa menggunakan plugin hide login untuk menyembunyikan url login setidaknya menyulitkan peretas untuk melakukan penyerangan.

Cara lainnya terutama jika kamu tipe pelupa karena harus mengingat url yang telah diubah, kamu bisa menggunakan plugin yang membatasi jumlah upaya login atau menampilkan captcha, contoh plugin yang memiliki fitgur limit login dan captcha adalah WP Limit Login Attempts. Dengan plugin ini cukup membuat pelaku peretasan repot melakukan brute force login.

Selain hide login, limit login dan captcha ada satu lapisan keamanan kekinian yang wajib kamu gunakan,yakni 2FA atau disebut verifikasi dua langkah, 2FA adalah lapisan keamanan tambahan yang bisa kamu tambahkan ke halaman login WordPress. Dengan 2FA, hampir mustahil bagi peretas untuk membajak pengguna WordPress, bahkan jika mereka sudah berhasil menebak kata sandi login kamu, mereka tetap tidak bisa login. Otentikasi dua langkah juga baik untuk membantu mengurangi serangan brute force WordPress. Plugin yang kami rekomendasikan untuk 2FA adalah Two Factor yang dikembangkan oleh kontributor WordPress.

Selalu Waspada Plugin & Tema Tertentu

Perlakukan website WordPress kamu sama seperti kamu memperlakukan smartphone milik kamu. Kamu tentu tidak akan menginstal aplikasi yang tidak dapat dipercaya di smartphone, bukan?

Hal yang sama berlaku untuk setiap tema atau plugin WordPress yang tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan terutama, plugin dan tema gratis. Meskipun kamu mungkin tidak tahu yang mana yang aman untuk digunakan, tetapi kamu dapat dengan mudah mencari referensi pada halaman WordPress plugin.

Aturan praktis lainnya? Jika kamu membaca ulasan plugin WordPress, periksa untuk melihat berapa banyak orang yang benar-benar menggunakannya. Lihat last update atau tanggal pembaharuan apakah plugin di develop dengan baik atau tidak.

Adapun dengan tema WordPress, aturan yang sama berlaku. Banyak tema “gratis” khusus yang ternyata dienkripsi menggunakan base64 atau lainnya, yang kebanyakan sering digunakan untuk menyembunyikan kode berbahaya. Ini merupakan jalan lain bagi peretas untuk mendapatkan akses ke situs web kamu dan cara menyisipkan malware.

Lakukan inventarisasi plugin atau tema yang tidak pernah kamu gunakan dan hapus segera, banyak yang lupa atau tidak memperbarui plugin atau tema yang tidak mereka gunakan, padahal plugin dan tema tersebut berpotensi menyebabkan celah keamanan.

Backup Manual dan Otomatis

Mungkin kamu baru mengenal wordpress atau sedang mempelajari seluk beluk plugin dan tema baru, Backup adalah cara terbaik apabila ketika sedang melakukan perubahan dan ada konflik antar plugin dan tema sehingga wordpress menjadi rusak, kamu bisa melakukan restore tanpa khawatir harus memulainya dari awal.

Apa pun yang sedang kamu lakukan, jangan panik. Sebagai pelanggan setia Sorabit WordPress Cloud Hosting, kami memberikan fitur backup otomatis yang berjalan setiap hari dan bisa di restore kapan saja.

Selalu Gunakan Perlindungan Tambahan

Seperti kata pepatah, jauh lebih baik aman daripada menyesal.
Dari kita banyak yang bertanya tanya perlukah menggunakan plugin keamanan tambahan seperti firewall dan lainnya?

Ketika peretas datang ke website kamu, tentunya diperlukan perlindungan yang solid, plugin keamanan tambahan adalah garis pertahanan pertama. Untuk solusi plugin keamanan sendiri banyak pilihan diluar sana, seperti Wordfence, All In One WP Security, Ithemes dan lainnya.

Jika kamu sudah menerapkan setidaknya tiga dari rekomendasi diatas, selamat! Website wordpress kamu sudah siap untuk mencegah peretas mengambil alih website dari kamu.

Share

Investasi Domain Dalam Kondisi Ekonomi Lemah

domain invest forecast

Sejak mulai menyebarnya virus corona covid-19 ekonomi dunia mengalami penurunan, orang-orang lebih hati-hati dalam mengelola keuangan. Pentingnya untuk memiliki pegangan financial yang baik untuk bertahan dalam masa-masa yang tidak pasti.

Jika kamu adalah salah satu pelaku investasi terutama investasi domain, perlu memahami apa yang ada akan terjadi di masa depan dan mempertimbangkan peluang yang dapat muncul dengan sendirinya.

Memperluas Arus Kas

Ada dua jenis investor di dunia ini: mereka yang tidak memiliki simpanan uang dan mereka yang memang memiliki simpanan uang.
Jika kamu masuk dalam kategori pertama, saatnya untuk membuat rencana diatas kertas. Tujuannya adalah untuk menghemat menggunakan uang selama mungkin sehingga kamu dapat mencapai sisi lain dari pengurangan yang akan terjadi.

Buat Rencana Keuangan
Memahami posisi diri kita sendiri adalah kuncinya. Mulailah dengan melihat portofolio nama domain dan kapan nama domain kedaluwarsa. Buat perkiraan berapa banyak uang yang kamu butuhkan untuk memperbarui domain setiap bulan. Hitung jumlah domain yang kedaluwarsa setiap bulan dengan biaya perpanjangan. Perkirakan biaya perpanjangan untuk 12 bulan ke depan.

Perkiraan penggunaan uang ini menunjukkan jumlah minimum yang harus kamu keluarkan untuk mempertahankan portofolio domain sehingga kamu tidak perlu membiarkan domain terbaik kesayanganmu berakhir kedaluwarsa.

Tentunya kita berharap kamu dapat melakukan beberapa penjualan domain untuk mengimbangi biaya pembaruan tetapi memperkirakan penjualan jauh lebih sulit daripada memperkirakan biaya perpanjangan.

Penjualan domain aftermarket dapat bergerak ke berbagai arah selama resesi. Orang-orang yang diberhentikan dari pekerjaan atau memiliki lebih banyak waktu akan memulai bisnis online, dan tentunya mereka memerlukan nama domain. Pada saat yang sama, bisnis lain akan menunda membeli domain sampai masa depan lebih pasti.

Bersikaplah hati-hati dan seksama saat memperkirakan pendapatan penjualan domain dan membandingkannya dengan biaya perpanjangan. Anggap penjualan akan menurun, tidak membaik. Setiap penjualan yang masuk di atas garis dasar modal adalah bonus tetapi jangan sampai terlambat ketika harus memperbarui domain.

Optimalkan Penjualan
Orang cenderung menjadi malas ketika keadaan sedang baik. Namun sekarang adalah saat yang tepat untuk memastikan kamu untuk meningkatkan penjualan.

Mulailah dengan memastikan semua domain dalam keadaan siap untuk di pasarkan. Periksa nameserver untuk semua domain dan pastikan halaman penjualan domain bisa diakses dengan baik, selain itu pastikan kamu sudah terdaftar di domain marketplace favorit kamu. Pertimbangkan untuk menambahkan harga BIN atau “beli sekarang” untuk meningkatkan minat dan peluang dari orang yang akan membeli domain milikmu.

Lihat penawaran yang pernah kamu tolak selama 6-12 bulan terakhir. Jika memang kamu benar-benar ingin melepas domain agar cashflow kamu tetap lancar, pertimbangkan untuk menghubungi kembali calon pembeli yang tertarik untuk melihat apakah kamu masih dapat menegosiasikan kesepakatan.

Peluang domain kadaluarsa ada di margin dan jumlah peserta lelang. Jika pelelangan hanya memiliki dua penawar, penawaran yang menang bisa jauh lebih rendah.

Cari Peluang Domain Baru

Jika kamu masih memiliki uang lebih dan sedang mencari peluang, inilah saatnya untuk mengawasi pasar.

Banyak orang ingin untuk menurunkan harga jual . Seperti pasar properti, nilai domain mungkin perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan resesi. Jika resesi berlangsung lama, beberapa pemilik domain akhirnya akan menurunkan harga jual domain untuk menjaga cashflow mereka.

Lihat kembali domain yang telah kamu incar selama setahun terakhir di mana pemilik domain saat itu masih enggan menjual domain milik mereka. Hubungi mereka lagi untuk melihat apakah mereka tertarik untuk menjual sekarang mengingat keadaan yang berubah.

Perhatikan juga baik-baik nama domain kadaluarsa. Harga lelang domain kadaluarsa akan tetap tinggi sampai investor domain tidak sesuai dengan harga lelang. Ketika satu atau dua investor domain tidak lagi melakukan bidding maka harga domain otomatis turun.

Tetap Tenang

Orang seringkali membuat keputusan yang buruk ketika mereka berada di bawah tekanan. Dengan meluangkan waktu sekarang untuk menghitung estimasi biaya yang akan datang, kamu dapat berpikir jernih saat menerima penawaran atau ketika sedang bernegosiasi.
Semoga resesi ini segera berakhir. Ada alasan mereka mengatakan berharap untuk yang terbaik, bersiaplah untuk yang terburuk.

Share

Sertifikat SSL Gratis vs SSL Berbayar

ssl gratis

Saat ini, enkripsi situs web tidak lagi hanya diperuntukkan bagi situs-situs e-commerce dan perusahaan. Keamanan web tetap menjadi perhatian utama di antara para pengguna dan mesin pencari, penting bagi kamu untuk memberi tahu orang-orang bahwa website milik kamu aman dan telah terpasang Sertifikat Secure Sockets Layer (SSL).

Sejak lahir Letsencrypt pada tahun 2015 hingga sekarang Sertifikat SSL gratis mulai banyak digunakan. Banyak pemilik website menjadikan SSL adalah produk yang harus digunakan bukan sekedar fitur, di samping itu google sebagai mesin pencari populer menjadikan SSL hal yang wajib digunakan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas Sertifikat SSL gratis dan bagaimana membandingkannya dengan SSL lain yang berbayar. Mari langsung kita bahas!

Apa yang SSL Gratis Tawarkan kepada Kamu

Salah satu tujuan utama SSL gratis adalah menyederhanakan proses memperoleh dan menginstal sertifikat SSL. Jika kamu pernah melakukan ini melalui CA (Certificate Authority) lain di masa lalu seperti startssl, untuk mendapatkan ssl gratis pada saat itu sangat merepotkan. Tetapi saat ini ssl gratis sangat mudah di pasang dan kamu tidak perlu membayar untuk pembaruan setiap tahun.

Di sisi lain, jika kamu belum pernah berurusan dengan sertifikat SSL sebelumnya, berikut adalah beberapa fitur terpenting yang dapat ditawarkan SSL gratis:

  1. Keamanan.
    Sertifikat SSL memungkinkan kamu untuk menggunakan protokol HTTPS di seluruh website milikmu yang berfungsi melakukan enkripsi data.
  2. Mudah
    Memperoleh dan memperbarui sertifikat biasanya merepotkan, tetapi SSL gratis membuat semuanya tetap sederhana.
  3. Search Engine Optimization (SEO) Friendly
    Saat ini, mesin pencari mewajibkan pemilik situs web untuk menggunakan protokol HTTPS di situs mereka. Dalam praktiknya, ini dapat diterjemahkan ke hasil SEO yang lebih baik.

Pada titik ini, SSL gratis mungkin terdengar seperti pilihan yang sempurna jika kamu belum pernah menggunakan sertifikat SSL sebelumnya, tetapi mari kita lihat bagaimana terhadap SSL lainnya.

Bagaimana Membandingkan SSL Gratis dan SSL Berbayar?

Tentu saja kita setuju ada manfaat yang jelas untuk menggunakan SSL gratis, itu tidak berarti kamu tidak mempertimbangkan opsi lain. Di bagian ini kita akan berbicara tentang tiga perbedaan utama antara SSL gratis dan SSL berbayar lainnya.

1. Jumlah Pilihan yang Tersedia
Perbedaan terbesar antara SSL gratis dan lainnya adalah bahwa yang SSL gratis hanya menyediakan penggunanya dengan sertifikat DV (Domain Validation). DV Ini tidak masalah untuk sebagian besar situs web sederhana, tetapi mereka bukan satu-satunya jenis yang tersedia, dan mereka tidak cukup untuk website tertentu. Misalnya, jika kamu menjalankan website e-commerce atau situs perusahaan atau pemerintahan, kamu mungkin ingin memilih sertifikat Extended Validation (EV), yang dilengkapi dengan standar verifikasi yang lebih tinggi yang biasa ditandai dengan greenbar pada browser.

2. Proses Penerbitan dan Pembaharuan
Proses pengaturan sertifikat SSL gratis jauh lebih sederhana daripada dengan opsi DV lainnya. Walau banyak provider hosting menawarkan untuk membantu memasang SSL untuk website kamu. SSL gratis mengharuskan kamu untuk memperbarui sertifikat setiap 90 hari, walaupun prosesnya dapat dilakukan secara otomatis. Di sisi lain, SSL berbayar biasanya menawarkan sertifikat dengan jangka waktu yang lebih lama (hingga tiga tahun).

3. Harga
Sulit untuk bersaing dengan label harga Rp.0 alias gratis terutama ketika SSL lainnya mengenakan tarif yang sangat tinggi untuk sertifikat yang serupa.
Tidak mengherankan bahwa SSL gratis mendapatkan daya tarik dengan cepat. Namun perlu dicatat bahwa karena sertifikat SSL gratis, kamu tidak mendapatkan jaminan seperti yang bisa kita dapatkan pada SSL berbayar yang memiliki jaminan asuransi jika terjadi pelanggaran keamanan.

Singkatnya, selama kamu tidak masalah dengan sertifikat DV sederhana, SSL gratis memang pilihan yang handal.

Kesimpulan
SSL gratis mungkin bukan solusi sempurna untuk setiap situs web, tetapi ini merupakan alternatif yang bagus bagi banyak situs web. Selain itu, layanan ini membuat penggunaan sertifikat SSL sangat mudah, yang berarti kamu tidak punya alasan untuk tidak menggunakannya. Selain itu memungkinkan kamu untuk menjaga informasi pengunjung website menjadi lebih aman dan yang lebih penting juga dapat membantu hasil SEO.

Yang terbaik dari semuanya, mendapatkan sertifikat SSL gratis jelas tidak akan dikenakan biaya sepeser pun, dengan SSL berbayar yang membebankan hingga jutaan rupiah per tahun untuk beberapa jenis sertifikat, memilih ssl gratis mungkin merupakan pilihan yang cerdas. Kecuali memang kamu benar-benar membutuhkan SSL berbayar untuk fitur yang tidak terdapat pada SSL gratis

Share

Cara Periksa Ketersediaan Domain (dan Apa yang Harus Dilakukan Jika Sudah Diambil)

Cara Periksa Ketersediaan Domain (dan Apa yang Harus Dilakukan Jika Sudah Diambil) 8

Ada banyak hal yang perlu di lakukan dalam memilih domain. Karena memilih nama domain adalah salah satu langkah pertama dan paling penting dalam membuat situs web. Namun, bisa menjadi galau berhari-hari jika domain yang di inginkan telah diambil.

Untungnya, ada banyak alat yang dibuat atau solusi lain untuk membantu kamu memeriksa ketersediaan domain. Bahkan jika pilihan pertama tidak tersedia, kamu dapat mencoba membelinya dari pemiliknya saat ini, memilih nama yang sama, atau bahkan memilih ekstensi domain lain yang sekarang ini sudah pilihannya.

Pada artikel ini, kita akan melihat bagaimana cara mengetahui domain apa yang tersedia. Kemudian kita akan mengeksplorasi beberapa langkah yang dapat kamu ambil jika domain pilihan kita sudah digunakan.

Bagaimana Cara Memeriksa Ketersediaan Domain

Domain adalah alamat tempat para pengunjung web nantinya dapat menemukan atau akses situs web. Extensi seperti .com atau .net, disebut Top-Level Domain (TLD) dan karakter sebelum itu adalah domain domain tingkat kedua yang seringkali merupakan nama situs web.

Tentu saja, sebaiknya mengambil waktu ketika memilih domain dan memilih dengan hati-hati. Bagaimanapun, domain yang tepat dapat membantu membentuk merek dan bisa mempermudah dalam melakukan langkah branding selanjutnya. Cara cepat untuk bereksperimen dan bertukar gagasan adalah menggunakan pemeriksa domain.

Sayangnya, memilih domain tidak selalu mudah. Itu sebabnya banyak sekali berbagai alat untuk mengecek ketersediaan. Mereka membantu dengan menunjukkan kepada kamu apa yang tersedia, dan menawarkan alternatif potensial jika domain yang Anda cari diambil.

Alat pengecekan domain kami sendiri mudah digunakan. Untuk memulai, ketikkan nama domain yang kamu inginkan dan tekan Search untuk mencari:

Cara Periksa Ketersediaan Domain (dan Apa yang Harus Dilakukan Jika Sudah Diambil) 9

Kamu akan langsung dibawa ke halaman hasil. Di sana, kamu akan dapat melihat apakah domain tersedia, dan melihat opsi TLD yang tersedia. Namun, jika kamu kesulitan menemukan domain yang sempurna, jangan khawatir – ada beberapa langkah tambahan yang dapat kamu ambil.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Domain Impian Telah Diambil

Terkadang kamu mungkin menginginkan domain tertentu, tetapi kamu mengetahui bahwa domain itu sedang digunakan oleh orang lain. Ketika itu terjadi, ada beberapa pilihan yang bisa kamu ambil.

Dalam beberapa keadaan, kamu masih dapat membeli domain. Jika tidak, ada berbagai cara untuk mendapatkan domain yang serupa dan sesuai untuk situs kamu nantinya. Mari kita lihat empat opsi yang tersedia, sehingga kamu dapat memilih satu yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Beli Domain Dari Pemilik Saat Ini

Terkadang domain yang kamu inginkan tidak tersedia, tetapi juga tidak digunakan. Itu disebut Parked Domain atau ‘domain terparkir’ dan dalam hal itu pemilik domain mungkin bersedia untuk menjualnya.

Untungnya, relatif mudah untuk mengetahui siapa yang memiliki domain tertentu. Untuk melakukan ini, opsi terbaik kamu adalah dengan menggunakan tool whois yang tersedia seperti whois.sc atau whois.ubig.net

Masukkan di domain yang kamu cari dan dalam kebanyakan kasus mesin pencari akan memberikan informasi tentang siapa yang memilikinya dan bagaimana mereka dapat dihubungi.

Jika kamu bisa mendapatkan informasi kontak untuk domain terparkir, kamu dapat memulai negosiasi. Yang terbaik adalah memulai dengan mengirim pesan sederhana dan ramah agar pemilik tahu bahwa kamu tertarik dengan domain tersebut, dan menunggu mereka menawarkan harga awal.

Setelah kamu berhasil mencapai kesepakatan, pertimbangkan untuk menggunakan perantara seperti layanan escrow untuk menyelesaikan transaksi. Dengan begitu, kamu bisa memastikan bahwa itu berjalan dengan aman dan lancar untuk kedua belah pihak.

Pilih Nama Domain yang Berbeda

Jika kamu tidak dapat menemukan siapa yang memiliki domain yang di inginkan tadi, atau mereka tidak mau menjual, kamu mungkin harus memilih nama lain. Untungnya, kamu tidak harus memulai dari awal.

Alih-alih, kamu bisa melihat daftar alternatif yang diberikan oleh alat pemeriksa domain apa pun dan gunakan ide-ide itu untuk menemukan pengganti yang cocok. Ini dapat menghemat waktu dan tenaga yang berharga dan kamu sering dapat mengambil nama yang hampir identik dengan nama yang kamu inginkan

Cara Periksa Ketersediaan Domain (dan Apa yang Harus Dilakukan Jika Sudah Diambil) 10

Tentu saja, ada metode lain untuk menemukan nama domain alternatif. Kamu dapat mencoba menggunakan alat kata kunci untuk menemukan opsi yang menjanjikan. Ini dapat membantu kamu menemukan istilah untuk digabungkan yang relevan dengan audiens kamu dan memiliki volume pencarian yang kuat.

Sebagai contoh, jika kamu membuka sebuah kafe, kamu mungkin menemukan bahwa orang-orang sering mencari “kafe” dikombinasikan dengan nama kota mereka. Kamu bisa mencoba menggabungkan nama kota dengan istilah “kafe” untuk menarik lalu lintas pengguna.

Gunakan Ekstensi Domain Alternatif

Jika domain pilihan kamu telah diambil dan tidak ingin memilih alternatif, kamu juga dapat mencoba menggunakan TLD yang berbeda. Sebagian besar pemilik situs membeli domain yang diakhiri dengan .com, tetapi itu bukan satu-satunya yang menjadi pilihan.

Cara Periksa Ketersediaan Domain (dan Apa yang Harus Dilakukan Jika Sudah Diambil) 11

Tentu saja, kamu ingin berhati-hati ketika memilih TLD. Seringkali, orang secara insting akan memasukkan .com ketika mencoba mengunjungi situs web secara langsung, dan ini terutama berlaku untuk demografi yang lebih lama. Jika itu target audiens kamu atau jika sudah ada situs web populer di situs web yang mungkin membingungkan situs kamu mungkin lebih baik untuk mencoba nama domain alternatif.

Namun, terkadang masuk akal untuk memilih TLD lain untuk domain kamu. Dalam kasus tersebut, perlu diingat bahwa TLD tertentu berlaku untuk jenis situs tertentu dan bahkan mungkin dibatasi, seperti .edu, .gov, dan domain berbasis lokasi tertentu seperti .id, .co.id.

Saat mencari melalui TLD yang tersedia, pertimbangkan apa yang paling cocok untuk bisnis kamu. Misalnya, jika kamu menjalankan bisnis perhiasan dan kamu ingin situs web e-commerce ikut serta, kamu mungkin memilih untuk memilih .jewelry. Tentu saja, ada banyak cara untuk menjadi kreatif dengan TLD juga.

Tunggu Nama Domain Untuk Tersedia Kembali

Jika kamu tidak terburu-buru untuk memiliki domain yang kamu inginkan hari ini, opsi lain adalah menunggu untuk kedaluwarsa atau tersedia kembali. Ketika itu terjadi kemungkinan bisa menjadi Domain Drop atau ‘domain yang dijatuhkan‘. Ini berarti bahwa pemilik tidak memperbaruinya, sehingga akan dilelang.

Menunggu domain kedaluwarsa mungkin tampak pasif, tetapi kamu harus siap untuk itu. Untuk mendapatkan taksiran kapan kamu mungkin bisa mengajukan penawaran, kamu dapat menggunakan alat whois untuk melihat apakah domain telah berpindah tangan baru-baru ini.

Salah satu efek samping yang tidak menguntungkan dari menunggu domain adalah bahwa jika kamu perlu membuat situs kamu online sekarang, kamu mungkin perlu mengerjakan branding ulang setelah kamu mengubah namanya. Melakukan hal itu dapat menjadi proses yang menghabiskan waktu, dan yang dapat memengaruhi peringkat pencarian kamu.

Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut, seperti dengan menyiapkan url forward (301) pengalihan ke alamat baru situs kamu. Plus, jika kamu tidak benar-benar membutuhkan domain segera, tidak ada salahnya menunggu untuk melihat apakah itu tersedia. Ingatlah bahwa sebagian besar domain diperbarui setiap tahun, meskipun beberapa pemilik situs dapat membayar beberapa tahun sebelumnya.

Kesimpulan

Memilih domain adalah keputusan penting, dan itu bisa penuh dengan kesulitan. Meskipun kamu tidak mendapatkan domain persis seperti yang di inginkan, ada banyak cara untuk menemukan alternatif yang cocok.

Share

Memanfaatkan Long-Tail Keywords Untuk SEO

Memanfaatkan Long-Tail Keywords Untuk SEO 13

Long-tail keywords atau jika di artikan per kata adalah kata kunci berekor panjang atau lebih tepatnya kata kunci panjang adalah suatu teknik seo yang sering diabaikan pada prakteknya namun memikirkan long-tail keywords atau kata kunci panjang untuk pencarian lokal dan percakapan bahasa lokal dapat membantu upaya kita dalam melakukan Search Engine Optimization – SEO.

Ketika kamu ingin meningkatkan SEO, kamu harus mencari setiap peluang yang ada. Bagi kebanyakan orang, salah satu hal pertama yang akan mereka pikirkan adalah menemukan kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi. Namun karena hal ini telah menjadi target kata kunci banyak orang, melakukan kata kunci dengan volume pencarian tinggi bisa menjadi sia-sia. Tentu kita ingin dapat bersaing dengan situs web besar termasuk kata kunci umum, tetapi untuk apa jika pada kenyataannya tidak berjalan sesuai dengan keinginan kita. Untungnya ada beberapa cara sederhana untuk mendapatkan tempat agar bisa mendapatkan peringkat yang lebih tinggi, termasuk menggunakan long-tail keywords yang lebih spesifik sebagai target kata kunci utama.

Sering kita mengabaikan untuk mengambil kata kunci panjang yang memiliki volume rendah, padahal dengan menggunakan long-tail keywords bisa menjadi kapa yang dibutuhkan ketika melakukan SEO. Kata kunci ini mungkin kurang mendapat perhatian dibandingkan kata kunci luas yang dicari lebih banyak orang. Saat kamu membuat kata kunci pencarian volume tinggi lebih spesifik, jumlah orang yang mencari istilah tersebut cenderung berkurang. Karena kata kunci yang lebih panjang memiliki volume pencarian yang lebih rendah, secara alami akan ada lebih sedikit persaingan atas mereka. Bergantung pada industri apa yang kamu masuki, kamu mungkin tidak punya pilihan lain selain mencari kata kunci yang panjang. Kabar baiknya adalah bahwa fokus pada kata kunci yang lebih panjang memungkinkan sebagian besar bisnis untuk menetapkan harapan yang realistis berkaitan dengan keberhasilan SEO.

Jangan biarkan potensi kata kunci ini berlalu begitu saja. Untuk mendapatkan manfaat penuh dari kata kunci panjang, kamu harus sedikit kreatif ketika menggunakannya.

Pencarian Lokal

Baik melalui Google Maps atau Google Search, hampir setiap orang mencari bisnis lokal sebelum pergi ke lokasi fisik. Saat mencari bisnis di dekat kamu tinggal, mungkin kamu hanya mengatakan sesuatu seperti “restoran di dekat saya.” Atau, kamu dapat menentukan apa yang dicari dengan menggunakan kata kunci lokal seperti kota, kode pos, atau bahkan negara. Mencari informasi dan lokasi sebuah toko sebelum pergi ke sana atau sebelum melakukan pembelian telah menjadi naluri alami bagi kebanyakan orang.

Hampir setengah dari semua pencarian Google adalah pencarian lokal dan 76% orang yang melakukan pencarian lokal di baik di komputer atau smartphone mengunjungi toko terdekat dalam waktu 24 jam. Karena peluang seseorang mencari bisnis lokal sangat kuat. Jika kamu memiliki pencucian mobil, menggunakan kata kunci “toko buku” akan membuat kamu menghadapi lebih banyak persaingan, dan sebagian besar tidak relevan bagi pengguna. Ini tidak menguntungkan bagi kamu atau pengguna untuk menggunakan kata kunci yang luas untuk menarik audiens lokal. Dengan memilih kata kunci yang diarahkan ke kota tertentu dan daerah sekitarnya, persaingan akan cenderung menurun. Kamu tidak hanya akan bersaing dengan hasil yang lebih sedikit, tetapi pencarian yang di dapatkan juga akan memiliki peluang lebih baik untuk menjadi lebih berkualitas daripada seseorang yang mencari istilah luas. Orang-orang yang sudah tertarik untuk mengunjungi lokasi bisnis di dekat mereka akan cenderung loyal.

Fokus Pada Kunci Spesifik

Saat menyusun riset kata kunci panjang untuk konten SEO di situs kamu, pastikan untuk memasukkan “kata kunci spesifik” Kata kunci yang spesifik ini maksudnya adalah yang bersifat komersial dan cenderung mewakili tahap akhir penjualan.

Setiap kali kamu ingin membeli sesuatu secara online, kemungkinan kamu akan melakukan setidaknya sedikit riset sebelum membuat keputusan. Sebelum pencari online mencapai keputusan untuk membeli, mereka akan mencari informasi yang mereka butuhkan. Inilah saat orang mulai lebih tertarik pada kata kunci panjang untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik untuk layanan atau produk yang mereka minati. Kata kunci yang tepat akan mencerminkan apa yang dicari orang selama tahap pencarian informasi ini. Pada awalnya, orang mungkin mencari sesuatu yang umum, seperti “pencucian mobil,” yang akan memiliki volume pencarian tinggi tetapi terlalu kompetitif. Semakin jauh dalam mencari informasi, orang cenderung untuk lebih spesifik dengan pencarian mereka, mencari kata kunci panjang seperti “pencucian mobil di semarang” atau “tempat pencucian mobil di semarang dengan harga murah.” Akhirnya, mereka akan mempersempitnya ke tempat pencucian mobil terbaik, yang termurah atau yang sedang promo.

Kata kunci yang spesifik secara komersial seperti “terbaik,” “termurah”, “promod” dan “diskon” akan memiliki volume pencarian yang lebih rendah, tetapi beberapa orang yang mencarinya dapat bernilai jauh lebih banyak daripada audiens yang lebih besar dan kurang tertarik. Saat pencarian semakin spesifik dengan kata kunci tertentu, volume pencarian akan berkurang, tetapi pencarian yang didapat kata kunci akan lebih berharga. Dengan lebih sedikit pencarian, kamu bisa memiliki peluang yang lebih baik untuk peringkat yang lebih tinggi ketika orang lebih dekat dengan akhir perjalanan mereka dalam pencarian informasi.

Kamu bisa melakukan sedikit mencoba dengan memeriksa lalu lintas organik situs di Google Analytics secara teratur. Lihat kata kunci apa yang mengarahkan orang ke situs kamu, dan ke halaman apa secara spesifik. Kemudian periksa halaman arahan itu untuk melihat apa yang berhasil membuat pengguna di sana. Setelah itu bandingkan dengan melihat halaman web dengan lalu lintas rendah yang kamu harapkan mendapat peringkat lebih tinggi. Mengapa tidak ditemukan? Bagaimana kamu bisa mengoptimalkannya? Jika kamu dapat berpikir seperti pembeli, kamu mungkin dapat mengetahui maksud pengguna dari kata kunci yang digunakan untuk pencarian. Tetapi halaman dengan lalu lintas rendah itu mungkin tidak membahas maksud tersebut. Gunakan pelajaran yang telah di pelajari tentang kata kunci pada halaman dengan lalu lintas lebih tinggi untuk memperbaiki halaman yang masih merana tanpa banyak lalu lintas.

Gunakan Bahasa Percakapan

Kamu pasti sudah tahu Alexa, Siri dan Google Voice, banyak pengguna yang menggunakan mereka untuk menemukan restoran, hotel, toko dan sebagainya, tidak ada yang bisa menyangkal pentingnya pencarian suara. Kemampuan untuk mencari sesuatu secara verbal membuat kehidupan sehari-hari lebih mudah, tetapi mungkin menyebabkan beberapa masalah untuk SEO. Selama bertahun-tahun, pencarian suara telah membuat orang-orang di dunia SEO merasa tidak nyaman. Kekhawatirannya adalah bahwa mereka akan mengambil alih perilaku konsumen dan meninggalkan semua situs web yang dioptimalkan secara tradisional. Namun, seiring berjalannya waktu, kita perlu menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di komunitas digital yang semakin mengandalkan pencarian suara untuk menemukan situs web.

Cara orang mencari sesuatu secara verbal akan memiliki kata-kata yang berbeda dari cara mereka mengetikkannya. Karena itu, SEO harus memikirkan kembali cara mereka memilih kata kunci jika mereka ingin peringkat untuk pencarian suara.

Agar kamu dapat bersaing, kamu harus mulai menggunakan kata kunci panjang berdasarkan percakapan. Kata kunci ini akan lebih banyak berbicara, karena orang tersebut akan benar-benar mengajukan pertanyaan seperti yang akan mereka lakukan kepada orang lain. Sebagian besar pencarian suara juga pencarian lokal, yang memberi lebih banyak alasan untuk memprioritaskan kata kunci panjang dengan spesifik lokal. Penting untuk diingat bahwa kamu harus membuat konten yang memiliki peluang untuk menentukan peringkat untuk pencarian suara dan pencarian yang diketik secara tradisional.

Share

Stres, Musuh Bisu di Tempat Kerja

stres di tempat kerja

Orang-orang pada umumnya kuat dan tahan terhadap tingkat stres tertentu, bahkan beberapa stres bisa memotivasi, sebagai contoh tenggat waktu dalam suatu proyek dapat mendorong kamu untuk bekerja di jam tambahan agar proyek tersebut berhasil diselesaikan dan keberhasilan itu terasa menyenangkan.

Mari kita lihat ketika stres menjadi buruk, misalnya intimidasi di tempat kerja, diremehkan dari manajemen, pengurangan staf, pengurangan keuangan, peristiwa traumatis. Ini hanyalah beberapa penyebab stres kronis yang tidak sehat dan menciptakan lingkungan kerja yang negatif.

Studi dan statistik mengatakan bahwa 58% tenaga kerja merasa terlalu banyak bekerja dan 46% stres? Satu dari empat orang meninggalkan pekerjaan karena stres. Di Amerika sendiri stres di tempat kerja bisa menelan biaya rata-rata 26 miliar dollar untuk biaya medis dan hilangnya produktivitas sebesar $95 miliar.

Ada petuah lama “Berbaik hatilah, karena kamu tidak pernah tahu perang apa yang diperjuangkan oleh orang lain.” Beberapa stres muncul ketika bekerja dengan orang-orang di kantor. Statistik di Amerika mengatakan bahwa 85% dari semua kecelakaan di tempat kerja disebabkan oleh stres. Kita tidak bisa lepas dari stres, itu ada di lingkungan kita, itu di makanan kita (pengawet, bahan kimia), ada di mana-mana. Jika ada di mana-mana, itu pasti dibawa dan akan masuk di tempat kerja.

Daripada sekedar menyapu stres di bawah permadani, berharap itu akan hilang, seperti yang telah terjadi di tempat kerja selama bertahun-tahun, mungkin sekarang saatnya untuk mulai menciptakan suasana yang segar. Cuti sejenak untuk berlibur dengan teman dan keluarga atau bisa juga menyempatkan waktu untuk berkunjung ke dokter atau psikolog.

Share

Backup Website Itu Mudah dan Penting

Backup Website Itu Mudah dan Penting 15

Kamu masih belum tahu bagaimana cara membuat backup untuk website milikmu? Kamu tidak sendirian, karena masih banyak pemilik website yang belum tahu bagaimana cara melakukan backup website. Kebanyakan karena takut karena membutuhkan waktu yang lama atau backup yang gagal / tidak bisa di restore atau memang karena kurang begitu paham hal yang terlalu teknis.

Mengapa Backup Itu Penting?
1. Kebanyakan penyedia hosting tidak menyertakan backup karena pada dasarnya hosting dan backup adalah 2 produk yang berbeda. Mereka memerlukan investasi lebih untuk menyediakan backup para pelanggan dan jika pun mereka melakukan backup, sifatnya adalah internal dan tidak dapat secara khusus disediakan untuk para pelanggan.

2. Dalam proses pengembangan sebuah website, biasanya kamu melakukan proses pengembangan menggunakan komputer/laptop pribadi, bisa dikatakan bahwa data akan aman jika disimpan pada komputer/laptop pribadi. Namun jika kamu menjalankan sebuah blog/forum/crm seiring waktu akan banyak konten yang berharga yang telah di upload baik artikel, gambar dan sebagainya.

3. Memiliki backup yang up to date alias terbaru memungkinkan kamu untuk mengembalikan website kembali normal dengan cepat setelah terjadi error terutama ketika melakukan upgrade atau adanya kegagalan sistem. Ada banyak alasan mengapa kamu perlu segera mungkin untuk meng-online-kan website kamu dengan cepat termasuk hilangnya potensi pendapatan dan potensi penalti SEO.

Tahu kah kamu bahwa di sorabit cloud hosting terdapat sistem backup yang menjadi fitur utama yang diberikan oleh kami secara cuma-cuma alias gratis. Data website kamu, selalu kami backup setiap hari yang berjalan otomatis dan tersimpan selama 30 hari di server backup kami, yang berarti kamu bisa restore website kamu sampai 30 hari kebelakang.

Yang kita ketahui saat ini banyak sekali perusahaan yang menyediakan tools atau alat-alat yang membantu kita dalam melakukan backup website, seperti codeguard, dropmysite, UpdraftPlus, BoldGrid dan sebagainya. Jika kamu ingin menggunakan tools backup sendiri, pilihlah tools yang sesuai dengan kebutuhan kamu, seperti kapan saja akan kamu backup dan tentunya budget.

Hal yang paling penting ketika kamu menggunakan tools backup adalah, selalu memeriksa hasil backup, pastikan file yang dibackup tidak rusak dan backup berisi semua data yang kamu butuhkan untuk memulihkan website kamu sepenuhnya.

Share

Apa dan bagaimana Teknik SEO On Page

Apa dan bagaimana Teknik SEO On Page 17

SEO On Page adalah proses optimasi situs web agar mendapatkan posisi lebih baik dan menghasilkan lebih banyak lalu lintas dalam sebuah mesin pencari. Pada sebuah halaman web berkaitan erat dengan informasi dan aturan dari sumber kode HTML. Jika di bandingkan SEO Off-page yang hanya mencakup tautan atau link dan sinyal yang mengarah ke luar, maka On Page SEO berfokus pada struktur dari sebuah halaman website.

Pentingnya Teknik SEO On Page
Apa yang dimaksud SEO On Page adalah teknik yang pada dasarnya dilakukan di halaman website yang kamu miliki, SEO On Page adalah salah satu yang bisa kamu lakukan agar SEO website milikmu lebih baik dan efisien. Jika kamu membangun sebuah website yang luar biasa, berfokus pada teknik SEO On Page juga memiliki kemungkinan teknik SEO Off page juga akan berpengaruh hasilnya. Membuat link building dengan website berkualitas rendah adalah pekerjaan yang tidak mudah. Tidak akan ada yang mau link yang mengarah kepada website yang buruk atau membosankan.

Faktor penting dalam meningkatkan On Page SEO adalah penempatan yang sesuai yang nantinya dapat mempengaruhi posisi mesin pencari, penempatan yang dimaksud antara lain:

Judul Situs Web
Judul yang diberikan pada halaman adalah salah satu elemen SEO mendasar di situs web. Setiap halaman, artikel & posting harus memiliki judul khusus dan unik sendiri, yang terdiri dari kata kunci utama dan konten yang terdapat dalam situs web itu.

Deskripsi Meta
Beberapa orang sering kali lupa untuk menyertakan Meta Explanations untuk Halaman Web mereka. Penjelasan ini adalah posisi penting untuk memasukkan kata kunci dan kata-kata terkait untuk informasi website, karena ini digunakan dalam hasil pencarian ketika halaman web ditampilkan.

Meta Tags
Sisipkan meta tags, kamu dapat memasukkan satu set kata kunci dan kata-kata dalam jenis Meta Tag. Harus semua kata kunci dan kata-kata yang tepat dari informasi website sebagai preview dari sebuah konten.

Desain URL
Gunakan desain url yang konsisten, ringkas dan tidak terlalu panjang. URL berukuran pendek akan lebih sering muncul dalam tampilan pencarian dan lebih tertarget ketika menentukan kata kunci yang ada pada URL.

Body Tag (H1, H2, H3, H4, H5)
Saat memposting konten, kamu harus memecah informasi menjadi beberapa bagian yang lebih ringkas & frasa yang lebih dimengerti sangat dianjurkan untuk body tag ini H1, H2, H3, H4, H5 kamu sisipkan di halaman website kamu.

Kata kunci dan Kepadatan
Kata-kata terkait seluruh informasi yang disediakan website sangat penting, karena memungkinkan mesin pencari untuk mencocokan setiap kata dan frasa pada website milik mu. Di sisi lain, hindari penggandaan dan penggunaan kata-kata hanya untuk mencari kriteria sehingga terkesan di paksakan. hal ini dapat menyebabkan situs web kamu akan di hindari bahkan di banned dari mesin pencari.

Inner Connecting atau Hyperlinks
Orang sering percaya bahwa tautan yang ditambahkan haruslah berasal dari situs lain. Meskipun tautan dari luar diperlukan namun tidak terlalu penting, gunakan link tautan antar halaman agar crawler melakukan pengindeksan website milik kamu lebih optimal.

Dari banyak faktor dan teknik SEO, On Page SEO merupakan salah satu teknik SEO yang sangat dihandalkan dan tahan badai dari ancaman algoritme mesin pencari.
Disamping kualitas dari konten, penempatan dari SEO On Page pada halaman website bisa meningkatkan SERP di mata mesin pencari.

Share