Kiat Personal Branding untuk Meningkatkan Kesuksesan Bisnis

personal branding

Perlu di Ingat: Kamu sebagai personal adalah Wajah Bisnis milik kamu sendiri.
Jika kita bertanya kepada diri kita sendiri apa yang dapat kita lakukan untuk menjadi lebih sukses sebagai pengusaha atau pemilik usaha kecil, kita mungkin akan menyebutkan hal-hal seperti beriklan atau membuat jaringan lebih banyak, meningkatkan situs web atau mempelajari materi pemasaran, bukankah begitu? Apakah jawaban kamu tersebut termasuk personal branding? Ya apapun jawaban kamu, itu adalah diri kamu sendiri karena hal itu akan benar-benar berdampak pada kesuksesan diri kamu sendiri.

Pertama, penting untuk mengklarifikasi bahwa kita tidak hanya berbicara tentang merek besar. Kepribadian yang mewakili mereka yang membantu perusahaan-perusahaan ini menciptakan merek. Itu lah mengapa Branding itu penting.

Ketika kamu secara sengaja membuat representasi merek untuk bisnis milikmu, Kamu memasukkan beberapa faktor, termasuk: • Bagaimana orang lain melihat kamu • Apa yang membedakan kamu • Nilai-nilai diri sendiri • Keahlian • Kepribadian • Bagaimana Kamu mewakili diri kamu secara pribadi. Jika dilakukan dengan benar dan konsisten ini membangun kepercayaan, loyalitas, arahan, dan tentu saja penjualan.

Mengapa kamu harus peduli?

Penelitian dari Nielsen menunjukkan bahwa hanya 33% pembeli yang memercayai pesan dari perusahaan sementara hampir 90% pelanggan memercayai rekomendasi dari seseorang yang mereka kenal. • 53% persen vendor telah kehilangan pesanan berdasarkan informasi yang ditemukan atau tidak ditemukan secara online. • 77% dari semua diskusi di media sosial adalah orang yang mencari saran, informasi atau bantuan. Ini jauh lebih mudah untuk dijawab dan berinteraksi sebagai individu dibandingkan dengan perusahaan.

Cara Memasukkan Branding ke dalam Pemasaran

Pertama, Kamu perlu tahu audiens target. Inilah orang-orang yang ingin kamu tarik dan berpihak kepada kamu.

Katakanlah kamu seorang pelatih karier atau motivator yang memperdagangkan dunia usaha untuk kewirausahaan. Target audiens kamu mungkin para profesional lain yang meninggalkan perusahaan untuk memilih memiliki usaha sendiri. Dari materi pemasaran hingga bagaimana kamu menampilkan diri kamu sendiri di media sosial, kamu selalu ingin mengingatnya.

Berikut adalah 3 cara lain untuk menciptakan merek yang sukses dan menonjol dari persaingan

  1. Bagikan Keahlian kamu dan jadi lah ahli di bidang kamu. Ikuti perkembangan berita dan tren terbaru, pahami siapa pesaing dan selalu hadiri acara. Gunakan apa yang kamu ketahui dan pelajari untuk mendidik, mengilhami, dan membimbing orang lain kapan pun dan bagaimanapun kamu bisa.
    Semakin kamu terlihat, semakin banyak orang akan mengaitkan wajah kamu dengan produk atau layanan yang kamu presentasikan dan mempercayai apa yang kamu jual.

  2. Pilih platform yang tepat, memiliki situs web itu penting, dengan segala upaya pemasaran online, tujuan kamu seharusnya untuk mengarahkan lalu lintas kembali ke situs web yang mewakili positioning merek milikmu dengan baik. Jika situs web kamu kurang dari ini, audiens target tidak akan beresonansi dengan bisnis kamu dan akan pergi.

    Selanjutnya, cari tahu di mana orang-orang di audiens target kamu menghabiskan waktu mereka.

    Katakanlah pelatih karier yang kita contohkan sebelumnya menargetkan wanita profesional berusia antara 35 dan 55 tahun. Jika penelitian menunjukkan bahwa target audiensnya menggunakan Facebook jauh lebih dari Instagram, ia harus memfokuskan sebagian besar upayanya untuk membuat video dan cerita langsung serta berpartisipasi dalam Grup yang ditargetkan di Facebook.

  3. Jadilah diri sendiri … Sampai batas tertentu jangan takut untuk menunjukkan kepribadian kamu dan gunakan pikiran kamu sendiri saat membuat dan berbagi konten atau bertemu orang.
    Namun, berhati-hatilah dalam membagikan konten yang bersifat politis, religius, atau topik lain yang sebaiknya dihindari— kecuali jika itu bagian dari kepribadian dan / atau misi dan nilai-nilai yang ingin kamu tunjukkan.

Penting juga untuk selalu jujur ​​sebagai wajah usaha atau bisnis kamu, seperti yang kita ketahui dimana influencer Vegan Yovana Mendoza Ayres, dia baru-baru ini di filmkan makan ikan di Bali, yang menyebabkan kegemparan besar di antara penggemar dan pengikutnya.

Kamu tidak dapat mengabaikan representasi merek pribadi kamu sendiri jika kamu ingin menumbuhkan prospek, penjualan, loyalitas, dan reputasi kamu.
Orang tidak lagi memandang bisnis besar untuk memberi tahu mereka apa yang harus dibeli; mereka ingin melihat wajah dan kepribadian yang mewakili produk atau layanan.

Jika kamu ingin menonjol diri dari kompetisi, kamu perlu strategi yang efektif. Dari logo hingga situs web kamu, ke aktifan atau kehadiran di media sosial, temukan keahlian untuk membantu kamu memasarkan diri sendiri dan usaha milik kamu hari ini dan di masa depan.

Share

Konten Media Sosial dengan Engagement Rate Tinggi

konten marketing

Jika kita ibaratkan bintang rock sebagai content marketer dan jagad raya internet adalah panggung konser musik rock, maka konten yang kamu buat dan publikasikan bagaikan lagu rock yang dinyanyikan dan audiens bagaikan fans musik rock.

Berdasarkan metafora tersebut, suatu konten harus memiliki daya tarik tersendiri agar para followers di media social terus mengikuti konten-konten berikutnya. Dapat dikatakan suatu konten haruslah menimbulkan efek “adiktif” bagi audiens yang menikmatinya, hal itu bisa menjadi ukuran keberhasilan dari konten marketing.

Konten media sosial yang menjadikan followers terus mengikuti perkembangan brand adalah juga konten – konten yang memiliki engagement rate tinggi. Jadi, engagement rate konten – konten yang diterbiatkan di media sosial bisa dijadikan tolak ukur keberhasilan konten marketing yang dilakukan untuk membuat followers terus mengikuti perkembangan brand.

Supaya Konten Marketing di media sosial dapat membuat followers terus mengikuti perkembangan dari sebuah brand, maka ada beberapa hal yang perlu di cermati, yakni jenis atau tipe konten yang dapat menaikkan engagement rate dari brand.

1. Konten yang menghibur

Tentunya mayoritas orang suka dihibur. Dikarenakan kejenuhan yang ditimbulkan oleh rutinitas sehari – hari baik pekerjaan atau pun masalah pribadi yang sedang dihadapi seringkali membuat orang mengakses media sosial untuk menghibur diri. Konten – konten yang lucu biasanya merupakan jenis konten yang paling menghibur para followers di media sosial.

2. Konten yang inspiratif

Tipe konten yang inspiratif dapat membuat para followers media sosial lebih sensitif. Karena setiap individu manusia pasti senantiasa mempunyai masalah atau lika-liku dalam kehidupannya. Masalah atau lika-liku tersebut secara psikologis membuat banyak orang jadi stress ataupun bahkan terganggu sehingga depresi. Umumnya, orang yang mempunyai permasalahan, stress, ataupun depresi memerlukan motivasi serta inspirasi. Konten sederhana berbentuk bacaan quotes yang disajikan dalam wujud grafis sederhana teruji sukses mempunyai engagement rate yang besar dari para followers nya.

3. Konten yang informatif

Konten yang sifatnya informatif biasanya juga sangat disukai banyak orang. Selain itu juga memiliki engagement rate yang tinggi. Konten yang informatif bisa berupa konten yang menyajikan berita terkini sampai dengan berbentuk infografis yang menyajikan data-data statistik tentang topik tertentu.

4. Konten yang edukatif

Pada era digital saat ini, pola belajar masyarakat sudah bayak berubah. Banyak orang yang telah memanfaatkan internet sebagai sarana belajar. Banyak sekali situs web ataupun kanal YouTube yang berisi konten edukatif yang bisa digunakan untuk belajar apa saja mulai dari tutorial hingga tips dan trik.

Kesimpulan

Bersumber pada pengamatan serta analisa, terdapat berbagai jenis konten media sosial yang membuat followers terus menjajaki pertumbuhan dari sebuah brand, Seperti konten yang menghibur, inspiratif, informatif, serta edukatif.

Sebagai konten marketer ataupun pemilik brand yang melaksanakan proses konten marketing, dapat menggunakan satu ataupun lebih dari berbagai tipe konten kemudian membiasakan konten yang dibuat lebih relevan dengan brand yang dipasarkan menggunakan media sosial.

Salah satu seni dari konten marketing yakni bagaimana metode berjualan kepada audiens, tanpa audiens merasakan kalau kita sedang berjualan kepada para audiens atau istilahnya adalah soft selling.

Share

Revolusi Bisnis di Era Industri 4.0

Revolusi Bisnis di Era Industri 4.0 2

Tentu kita pasti tahu perusahaan seperti google, gojek, grab, tokopedia, bukalapak, airbnb dan lainnya, Seringkali kali kita mejadi penasaran dari manakah sumber pemasukan mereka kala membagikan produk atau jasa dengan menawarkan subsidi atau cashback hingga harga menjadi lebih murah dibanding yang disediakan oleh pasar bahkan bisa tanpa bayar sama sekali alias gratis.

Continue reading “Revolusi Bisnis di Era Industri 4.0”

Share

5 Strategi Meningkatkan Brand Awareness

5 Strategi Meningkatkan Brand Awareness 4

Pastinya kita sudah pernah mempromosikan produk atau website melalui media sosial, hampir semua media social bisa dibilang efektif untuk melakukan promosi. Karena memang pada zaman ini besarnya peran media social tidak diragukan lagi. Terutama ketika menggunakannya untuk media pemasaran dan brand awareness atau kesadaran merek.

Sebelum kita berlanjut kepada strategi meningkatkan brand awareness, kita perlu tahu terlebih dahulu apa itu brand awareness.
Jika kita membicarakan tentang suatu produk, misalkan handphone, parfum, sabun, atau hosting, merek apa yang terlintas di pikiran kamu? Ingatan kita akan merek-merek tersebut adalah kesadaran kita akan merek yang telah tertanam pada kita itulah brand awareness. Hal-hal yang membuat kita terpengaruh biasanya dari logo merek, slogan atau produk itu sendiri. Brand awareness bisa di sebut sebagai salah cara meningkatkan penjualan dan memperoleh pelanggan baru.

Continue reading “5 Strategi Meningkatkan Brand Awareness”

Share

5 Rekomendasi SEO Yang Penting Yang Perlu Diperhatikan

5 Rekomendasi SEO Yang Penting Yang Perlu Diperhatikan 6

Salah satu tantangan terbesar dalam SEO adalah mengukur dampak atau efektifitas – kita tahu apa yang penting atau yang tidak penting sampai aturan permainan telah berubah. Dan ketika kompetitor sudah melakukannya, pada akhirnya kita semua berjuang untuk mulai dari dasar lagi.

Kami mencoba membuat daftar apa yang bisa anggap sebagai rekomendasi SEO yang pasti. Daftar ini telah kami coba di beberapa website dan memiliki dampak yang dapat di ukur dan mungkin berguna bagi Kamu. Meskipun tidak semuanya berlaku karena pada akhirnya harus disesuaikan dengan kebutuhan spesifik situs milikmu, Berikut rincian dan contoh lebih lanjut.

Continue reading “5 Rekomendasi SEO Yang Penting Yang Perlu Diperhatikan”

Share

Mempercepat Akses Website Dengan Menggunakan CDN

Mempercepat Akses Website Dengan Menggunakan CDN 8

CDN adalah salah satu cara yang mudah digunakan untuk meningkatkan kecepatan dan mengurangi penggunaan resource yang digunakan pada website. Banyak sekali tips untuk mempercepat sebuah website namun perlu ditekankan kali ini adalah tentang penggunaan CDN, tetapi masih banyak pertanyaan apakah dengan CDN maka tidak memerlukan hosting lagi? Memang artikel penjelasan mengenai CDN secara non teknikal memang sangat jarang sekali dan artikel ini akan menjelaskan secara sederhana.

CDN adalah sesuatu yang dapat kamu gunakan selain harus memiliki akun hosting yang berfungsi untuk membantu mempercepat hal-hal berkaitan dengan file website kamu. CDN tidak menggantikan akun hosting web.

Continue reading “Mempercepat Akses Website Dengan Menggunakan CDN”

Share

2 Macam Internet Marketing Yang Bisa Mendapatkan Banyak Keuntungan

2 Macam Internet Marketing Yang Bisa Mendapatkan Banyak Keuntungan 10

Internet marketing adalah salah satu metode pemasaran yang dianggap mempunyai banyak kelebihan. Anggapan seperti ini sama sekali tidak keliru mengingat internet marketing memang bisa menjangkau target pasar dengan lebih luas dan biaya promosi juga bisa lebih ditekan. Sejauh ini, orang-orang memahami internet marketing sebagai pemasaran secara online dengan menggunakan sarana internet.

Tapi, kalau hendak dijabarkan lebih jauh lagi, internet marketing bukan hanya tentang itu saja, melainkan juga mencakup berbagai hal yang ada kaitannya dengan pemasaran seperti branding serta membina hubungan dengan pelanggan yang semuanya dilakukan secara online. Untuk bentuk kegiatan internet marketing itu sendiri sebenarnya hanya 2, yaitu promosi online dan sumber penghasilan.

Continue reading “2 Macam Internet Marketing Yang Bisa Mendapatkan Banyak Keuntungan”

Share

Hindari 6 Kesalahan SEO yang Sering Terjadi

Hindari 6 Kesalahan SEO yang Sering Terjadi 12

Melakukan SEO atau Optimasi website untuk mesin pencari merupakan satu hal yang wajib dilakukan para pemilik situs untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung. SEO akan membuat situs lebih mudah dicari oleh pengunjung karena SEO akan membantu situs masuk dalam halaman pencarian dengan lebih mudah. Pada kenyataannya, beberapa orang ada yang melakukan kesalahan sehingga SEO yang digunakan tidak memberi hasil maksimal. Berikut ini penjelasannya:

Continue reading “Hindari 6 Kesalahan SEO yang Sering Terjadi”

Share

Mengapa WordPress Self Host? Inilah 5 Alasannya

Mengapa Wordpress Self Host? Inilah 5 Alasannya 14

Bagi mereka yang pekerjaannya berhubungan dengan internet pastilah sangat akrab dengan istilah-istilah seperti hosting, online marketing, blog, niche, SEO dan sebagainya. Ya, itulah beberapa contoh kosakata yang sering kita temui saat berselancar di dunia maya. Kemudian ada istilah media sosial, toko online dan sejenisnya yang juga merupakan tren baru di era digital ini.

Continue reading “Mengapa WordPress Self Host? Inilah 5 Alasannya”

Share

Membuat Artikel Menarik dan SEO Friendly

Membuat Artikel Menarik dan SEO Friendly 16

Hal yang telah kita ketahui untuk sebuah website atau blog bisnis agar disukai pengunjung dan search engine adalah konten artikel yang baik dan menarik, tentunya membuat artikel memang tidak bisa menjadi hal yang sembarang atau dibuat terkesan asal-asalan. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara agar artikel yang dibuat enak dibaca dan bisa terindeks oleh Google dan apalagi bisa mendapatkan urutan teratas di Google. Untuk itu, salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan membuat artikel yang SEO friendly sehingga ringan dibaca dan membuat si pembaca mudah mengerti.

Continue reading “Membuat Artikel Menarik dan SEO Friendly”

Share