Cara Periksa Ketersediaan Domain (dan Apa yang Harus Dilakukan Jika Sudah Diambil)

Ada banyak hal yang perlu di lakukan dalam memilih domain. Karena memilih nama domain adalah salah satu langkah pertama dan paling penting dalam membuat situs web. Namun, bisa menjadi galau berhari-hari jika domain yang di inginkan telah diambil.

Untungnya, ada banyak alat yang dibuat atau solusi lain untuk membantu kamu memeriksa ketersediaan domain. Bahkan jika pilihan pertama tidak tersedia, kamu dapat mencoba membelinya dari pemiliknya saat ini, memilih nama yang sama, atau bahkan memilih ekstensi domain lain yang sekarang ini sudah pilihannya.

Pada artikel ini, kita akan melihat bagaimana cara mengetahui domain apa yang tersedia. Kemudian kita akan mengeksplorasi beberapa langkah yang dapat kamu ambil jika domain pilihan kita sudah digunakan.

Bagaimana Cara Memeriksa Ketersediaan Domain

Domain adalah alamat tempat para pengunjung web nantinya dapat menemukan atau akses situs web. Extensi seperti .com atau .net, disebut Top-Level Domain (TLD) dan karakter sebelum itu adalah domain domain tingkat kedua yang seringkali merupakan nama situs web.

Tentu saja, sebaiknya mengambil waktu ketika memilih domain dan memilih dengan hati-hati. Bagaimanapun, domain yang tepat dapat membantu membentuk merek dan bisa mempermudah dalam melakukan langkah branding selanjutnya. Cara cepat untuk bereksperimen dan bertukar gagasan adalah menggunakan pemeriksa domain.

Sayangnya, memilih domain tidak selalu mudah. Itu sebabnya banyak sekali berbagai alat untuk mengecek ketersediaan. Mereka membantu dengan menunjukkan kepada kamu apa yang tersedia, dan menawarkan alternatif potensial jika domain yang Anda cari diambil.

Alat pengecekan domain kami sendiri mudah digunakan. Untuk memulai, ketikkan nama domain yang kamu inginkan dan tekan Search untuk mencari:

Cara Periksa Ketersediaan Domain (dan Apa yang Harus Dilakukan Jika Sudah Diambil) 3

Kamu akan langsung dibawa ke halaman hasil. Di sana, kamu akan dapat melihat apakah domain tersedia, dan melihat opsi TLD yang tersedia. Namun, jika kamu kesulitan menemukan domain yang sempurna, jangan khawatir – ada beberapa langkah tambahan yang dapat kamu ambil.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Domain Impian Telah Diambil

Terkadang kamu mungkin menginginkan domain tertentu, tetapi kamu mengetahui bahwa domain itu sedang digunakan oleh orang lain. Ketika itu terjadi, ada beberapa pilihan yang bisa kamu ambil.

Dalam beberapa keadaan, kamu masih dapat membeli domain. Jika tidak, ada berbagai cara untuk mendapatkan domain yang serupa dan sesuai untuk situs kamu nantinya. Mari kita lihat empat opsi yang tersedia, sehingga kamu dapat memilih satu yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Beli Domain Dari Pemilik Saat Ini

Terkadang domain yang kamu inginkan tidak tersedia, tetapi juga tidak digunakan. Itu disebut Parked Domain atau ‘domain terparkir’ dan dalam hal itu pemilik domain mungkin bersedia untuk menjualnya.

Untungnya, relatif mudah untuk mengetahui siapa yang memiliki domain tertentu. Untuk melakukan ini, opsi terbaik kamu adalah dengan menggunakan tool whois yang tersedia seperti whois.sc atau whois.ubig.net

Masukkan di domain yang kamu cari dan dalam kebanyakan kasus mesin pencari akan memberikan informasi tentang siapa yang memilikinya dan bagaimana mereka dapat dihubungi.

Jika kamu bisa mendapatkan informasi kontak untuk domain terparkir, kamu dapat memulai negosiasi. Yang terbaik adalah memulai dengan mengirim pesan sederhana dan ramah agar pemilik tahu bahwa kamu tertarik dengan domain tersebut, dan menunggu mereka menawarkan harga awal.

Setelah kamu berhasil mencapai kesepakatan, pertimbangkan untuk menggunakan perantara seperti layanan escrow untuk menyelesaikan transaksi. Dengan begitu, kamu bisa memastikan bahwa itu berjalan dengan aman dan lancar untuk kedua belah pihak.

Pilih Nama Domain yang Berbeda

Jika kamu tidak dapat menemukan siapa yang memiliki domain yang di inginkan tadi, atau mereka tidak mau menjual, kamu mungkin harus memilih nama lain. Untungnya, kamu tidak harus memulai dari awal.

Alih-alih, kamu bisa melihat daftar alternatif yang diberikan oleh alat pemeriksa domain apa pun dan gunakan ide-ide itu untuk menemukan pengganti yang cocok. Ini dapat menghemat waktu dan tenaga yang berharga dan kamu sering dapat mengambil nama yang hampir identik dengan nama yang kamu inginkan

Cara Periksa Ketersediaan Domain (dan Apa yang Harus Dilakukan Jika Sudah Diambil) 4

Tentu saja, ada metode lain untuk menemukan nama domain alternatif. Kamu dapat mencoba menggunakan alat kata kunci untuk menemukan opsi yang menjanjikan. Ini dapat membantu kamu menemukan istilah untuk digabungkan yang relevan dengan audiens kamu dan memiliki volume pencarian yang kuat.

Sebagai contoh, jika kamu membuka sebuah kafe, kamu mungkin menemukan bahwa orang-orang sering mencari “kafe” dikombinasikan dengan nama kota mereka. Kamu bisa mencoba menggabungkan nama kota dengan istilah “kafe” untuk menarik lalu lintas pengguna.

Gunakan Ekstensi Domain Alternatif

Jika domain pilihan kamu telah diambil dan tidak ingin memilih alternatif, kamu juga dapat mencoba menggunakan TLD yang berbeda. Sebagian besar pemilik situs membeli domain yang diakhiri dengan .com, tetapi itu bukan satu-satunya yang menjadi pilihan.

Cara Periksa Ketersediaan Domain (dan Apa yang Harus Dilakukan Jika Sudah Diambil) 5

Tentu saja, kamu ingin berhati-hati ketika memilih TLD. Seringkali, orang secara insting akan memasukkan .com ketika mencoba mengunjungi situs web secara langsung, dan ini terutama berlaku untuk demografi yang lebih lama. Jika itu target audiens kamu atau jika sudah ada situs web populer di situs web yang mungkin membingungkan situs kamu mungkin lebih baik untuk mencoba nama domain alternatif.

Namun, terkadang masuk akal untuk memilih TLD lain untuk domain kamu. Dalam kasus tersebut, perlu diingat bahwa TLD tertentu berlaku untuk jenis situs tertentu dan bahkan mungkin dibatasi, seperti .edu, .gov, dan domain berbasis lokasi tertentu seperti .id, .co.id.

Saat mencari melalui TLD yang tersedia, pertimbangkan apa yang paling cocok untuk bisnis kamu. Misalnya, jika kamu menjalankan bisnis perhiasan dan kamu ingin situs web e-commerce ikut serta, kamu mungkin memilih untuk memilih .jewelry. Tentu saja, ada banyak cara untuk menjadi kreatif dengan TLD juga.

Tunggu Nama Domain Untuk Tersedia Kembali

Jika kamu tidak terburu-buru untuk memiliki domain yang kamu inginkan hari ini, opsi lain adalah menunggu untuk kedaluwarsa atau tersedia kembali. Ketika itu terjadi kemungkinan bisa menjadi Domain Drop atau ‘domain yang dijatuhkan‘. Ini berarti bahwa pemilik tidak memperbaruinya, sehingga akan dilelang.

Menunggu domain kedaluwarsa mungkin tampak pasif, tetapi kamu harus siap untuk itu. Untuk mendapatkan taksiran kapan kamu mungkin bisa mengajukan penawaran, kamu dapat menggunakan alat whois untuk melihat apakah domain telah berpindah tangan baru-baru ini.

Salah satu efek samping yang tidak menguntungkan dari menunggu domain adalah bahwa jika kamu perlu membuat situs kamu online sekarang, kamu mungkin perlu mengerjakan branding ulang setelah kamu mengubah namanya. Melakukan hal itu dapat menjadi proses yang menghabiskan waktu, dan yang dapat memengaruhi peringkat pencarian kamu.

Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut, seperti dengan menyiapkan url forward (301) pengalihan ke alamat baru situs kamu. Plus, jika kamu tidak benar-benar membutuhkan domain segera, tidak ada salahnya menunggu untuk melihat apakah itu tersedia. Ingatlah bahwa sebagian besar domain diperbarui setiap tahun, meskipun beberapa pemilik situs dapat membayar beberapa tahun sebelumnya.

Kesimpulan

Memilih domain adalah keputusan penting, dan itu bisa penuh dengan kesulitan. Meskipun kamu tidak mendapatkan domain persis seperti yang di inginkan, ada banyak cara untuk menemukan alternatif yang cocok.

Share