Hindari 6 Kesalahan SEO yang Sering Terjadi

Melakukan SEO atau Optimasi website untuk mesin pencari merupakan satu hal yang wajib dilakukan para pemilik situs untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung. SEO akan membuat situs lebih mudah dicari oleh pengunjung karena SEO akan membantu situs masuk dalam halaman pencarian dengan lebih mudah. Pada kenyataannya, beberapa orang ada yang melakukan kesalahan sehingga SEO yang digunakan tidak memberi hasil maksimal. Berikut ini penjelasannya:

Tidak Melakukan Riset Kata Kunci

Kata kunci akan sangat membantu dalam SEO. Kata kunci yang tepat akan membuat situs dapat masuk dalam mesin pencari dan mudah dilihat oleh pengguna. Meskipun peranan kata kunci sangatlah penting. Terkadang tak banyak pemilik situs yang melakukan riset kata kunci dengan baik. Itulah sebabnya, ada kalanya situs masuk tampilan pertama mesin pencari namun jumlah pengunjungnya tidak sebanding.

Penerapan riset kata kunci dapat memperdalam kualitas konten dan menarik lebih banyak pengunjung. Riset kata kunci dengan mencari beberapa kata kunci yang berkaitan akan membuat konten lebih maksimal. Perhatikan juga tingkat pencarian kata kunci, lebih sering kata kunci di cari maka penggunaannya akan jadi lebih maksimal. Jangan lupa untuk menempatkan kata kunci dengan baik sehingga enak dibaca.

Mengabaikan Konten

Kebanyakan pemilik situs sangan fokus dengan penerapan berbagai trik dalam SEO, mulai dari pemakaian kode sampai penggunaan kata kunci. Banyak sekali pemilik situs yang sangat fokus pada hal tersebut, sehingga mengabaikan hal lain yang tidak kalah penting. SEO seharusnya bukan menjadi prioritas utama dalam membuat konten situs, namun sifatnya harus dipandang sebagai pendukung konten.

Fokus utama sebaiknya diarahkan dengan penggunaan kualitas konten. Sebab, semua pemilik situs bisa menggunakan trik SEO (asal mereka belajar) namun tidak semuanya mampu menciptakan konten informatif yang enak dibaca. Konten yang bagus akan membuat situs dapat bersaing dengan situs sejenis lainnya yang ada di halaman mesin pencarian.

Terlalu Banyak Menggunakan Kata Kunci

Kekeliruan lain dalam penerapan kata kunci adalah pemakaian yang terlalu berlebihan. Kata kunci yang dimasukkan secara berlebih dan ditempatkan dengan sangat memaksa, akan berpengaruh besar dalam kualitas konten. Jadi, tempatkan secara natural dan taruh kata kunci dengan tepat.

Tautan Tidak Berfungsi

Tautan yang rusak dapat berdampak pada kualitas situs. Seringkali tautan rusak dikarenakan adanya perubahan nama alamat tautan atau karena sumber tautan sudah dihapus. Tautan yang tidak berfungsi akan memberi kesan buruk bagi pemilik situs, jadi sebisa mungkin hindari hal ini.

Menulis Kurang dari 300 Kata

Memang menulis artikel tidak harus panjang, apalagi berbelit. Akan tetapi, artikel haruslah bermanfaat dan berisi informasi yang relevan. Jika artikel 300 kata yang dibuat kebanyakan hanya berisi pengulangan kata kunci, basa basi, tautan, dan lainnya. Dari segi pembaca, tentu mereka merasa tidak mendapat manfaat. Oleh karena itu, usahakan buat artikel lebih berguna dan informatif.

Sembarang Menyebar Tautan

Pemakaian tautan merupakan salah satu strategi dalam SEO. Tautan yang di sebarkan ke tempat lain alias tautan eksternal bisa berdampak pada jumlah kunjungan situs. Tak jarang tautan yang disebarkan dapat mendorong peringkat sehingga situs lebih mudah ditemukan

Pertukaran tautan memang boleh digunakan. Akan tetapi, perhatikan juga kesesuaian antara tautan dengan situs yang jadi tempat pemasangan. Jika tidak relevan kemungkinan besar bisa membuat tautan yang disebar terlihat kurang menarik dan reputasi bisa menurun.

Pemilik situs memang tidak salah jika ingin menerapkan trik SEO yang diketahuinya. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pemilik situs sebaik melakukan riset kata kunci, menjaga situs dari tautan yang rusak, membuat konten berguna, dan lain sebagainya.

Share