Memanfaatkan Long-Tail Keywords Untuk SEO

Long-tail keywords atau jika di artikan per kata adalah kata kunci berekor panjang atau lebih tepatnya kata kunci panjang adalah suatu teknik seo yang sering diabaikan pada prakteknya namun memikirkan long-tail keywords atau kata kunci panjang untuk pencarian lokal dan percakapan bahasa lokal dapat membantu upaya kita dalam melakukan Search Engine Optimization – SEO.

Ketika kamu ingin meningkatkan SEO, kamu harus mencari setiap peluang yang ada. Bagi kebanyakan orang, salah satu hal pertama yang akan mereka pikirkan adalah menemukan kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi. Namun karena hal ini telah menjadi target kata kunci banyak orang, melakukan kata kunci dengan volume pencarian tinggi bisa menjadi sia-sia. Tentu kita ingin dapat bersaing dengan situs web besar termasuk kata kunci umum, tetapi untuk apa jika pada kenyataannya tidak berjalan sesuai dengan keinginan kita. Untungnya ada beberapa cara sederhana untuk mendapatkan tempat agar bisa mendapatkan peringkat yang lebih tinggi, termasuk menggunakan long-tail keywords yang lebih spesifik sebagai target kata kunci utama.

Sering kita mengabaikan untuk mengambil kata kunci panjang yang memiliki volume rendah, padahal dengan menggunakan long-tail keywords bisa menjadi kapa yang dibutuhkan ketika melakukan SEO. Kata kunci ini mungkin kurang mendapat perhatian dibandingkan kata kunci luas yang dicari lebih banyak orang. Saat kamu membuat kata kunci pencarian volume tinggi lebih spesifik, jumlah orang yang mencari istilah tersebut cenderung berkurang. Karena kata kunci yang lebih panjang memiliki volume pencarian yang lebih rendah, secara alami akan ada lebih sedikit persaingan atas mereka. Bergantung pada industri apa yang kamu masuki, kamu mungkin tidak punya pilihan lain selain mencari kata kunci yang panjang. Kabar baiknya adalah bahwa fokus pada kata kunci yang lebih panjang memungkinkan sebagian besar bisnis untuk menetapkan harapan yang realistis berkaitan dengan keberhasilan SEO.

Jangan biarkan potensi kata kunci ini berlalu begitu saja. Untuk mendapatkan manfaat penuh dari kata kunci panjang, kamu harus sedikit kreatif ketika menggunakannya.

Pencarian Lokal

Baik melalui Google Maps atau Google Search, hampir setiap orang mencari bisnis lokal sebelum pergi ke lokasi fisik. Saat mencari bisnis di dekat kamu tinggal, mungkin kamu hanya mengatakan sesuatu seperti “restoran di dekat saya.” Atau, kamu dapat menentukan apa yang dicari dengan menggunakan kata kunci lokal seperti kota, kode pos, atau bahkan negara. Mencari informasi dan lokasi sebuah toko sebelum pergi ke sana atau sebelum melakukan pembelian telah menjadi naluri alami bagi kebanyakan orang.

Hampir setengah dari semua pencarian Google adalah pencarian lokal dan 76% orang yang melakukan pencarian lokal di baik di komputer atau smartphone mengunjungi toko terdekat dalam waktu 24 jam. Karena peluang seseorang mencari bisnis lokal sangat kuat. Jika kamu memiliki pencucian mobil, menggunakan kata kunci “toko buku” akan membuat kamu menghadapi lebih banyak persaingan, dan sebagian besar tidak relevan bagi pengguna. Ini tidak menguntungkan bagi kamu atau pengguna untuk menggunakan kata kunci yang luas untuk menarik audiens lokal. Dengan memilih kata kunci yang diarahkan ke kota tertentu dan daerah sekitarnya, persaingan akan cenderung menurun. Kamu tidak hanya akan bersaing dengan hasil yang lebih sedikit, tetapi pencarian yang di dapatkan juga akan memiliki peluang lebih baik untuk menjadi lebih berkualitas daripada seseorang yang mencari istilah luas. Orang-orang yang sudah tertarik untuk mengunjungi lokasi bisnis di dekat mereka akan cenderung loyal.

Fokus Pada Kunci Spesifik

Saat menyusun riset kata kunci panjang untuk konten SEO di situs kamu, pastikan untuk memasukkan “kata kunci spesifik” Kata kunci yang spesifik ini maksudnya adalah yang bersifat komersial dan cenderung mewakili tahap akhir penjualan.

Setiap kali kamu ingin membeli sesuatu secara online, kemungkinan kamu akan melakukan setidaknya sedikit riset sebelum membuat keputusan. Sebelum pencari online mencapai keputusan untuk membeli, mereka akan mencari informasi yang mereka butuhkan. Inilah saat orang mulai lebih tertarik pada kata kunci panjang untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik untuk layanan atau produk yang mereka minati. Kata kunci yang tepat akan mencerminkan apa yang dicari orang selama tahap pencarian informasi ini. Pada awalnya, orang mungkin mencari sesuatu yang umum, seperti “pencucian mobil,” yang akan memiliki volume pencarian tinggi tetapi terlalu kompetitif. Semakin jauh dalam mencari informasi, orang cenderung untuk lebih spesifik dengan pencarian mereka, mencari kata kunci panjang seperti “pencucian mobil di semarang” atau “tempat pencucian mobil di semarang dengan harga murah.” Akhirnya, mereka akan mempersempitnya ke tempat pencucian mobil terbaik, yang termurah atau yang sedang promo.

Kata kunci yang spesifik secara komersial seperti “terbaik,” “termurah”, “promod” dan “diskon” akan memiliki volume pencarian yang lebih rendah, tetapi beberapa orang yang mencarinya dapat bernilai jauh lebih banyak daripada audiens yang lebih besar dan kurang tertarik. Saat pencarian semakin spesifik dengan kata kunci tertentu, volume pencarian akan berkurang, tetapi pencarian yang didapat kata kunci akan lebih berharga. Dengan lebih sedikit pencarian, kamu bisa memiliki peluang yang lebih baik untuk peringkat yang lebih tinggi ketika orang lebih dekat dengan akhir perjalanan mereka dalam pencarian informasi.

Kamu bisa melakukan sedikit mencoba dengan memeriksa lalu lintas organik situs di Google Analytics secara teratur. Lihat kata kunci apa yang mengarahkan orang ke situs kamu, dan ke halaman apa secara spesifik. Kemudian periksa halaman arahan itu untuk melihat apa yang berhasil membuat pengguna di sana. Setelah itu bandingkan dengan melihat halaman web dengan lalu lintas rendah yang kamu harapkan mendapat peringkat lebih tinggi. Mengapa tidak ditemukan? Bagaimana kamu bisa mengoptimalkannya? Jika kamu dapat berpikir seperti pembeli, kamu mungkin dapat mengetahui maksud pengguna dari kata kunci yang digunakan untuk pencarian. Tetapi halaman dengan lalu lintas rendah itu mungkin tidak membahas maksud tersebut. Gunakan pelajaran yang telah di pelajari tentang kata kunci pada halaman dengan lalu lintas lebih tinggi untuk memperbaiki halaman yang masih merana tanpa banyak lalu lintas.

Gunakan Bahasa Percakapan

Kamu pasti sudah tahu Alexa, Siri dan Google Voice, banyak pengguna yang menggunakan mereka untuk menemukan restoran, hotel, toko dan sebagainya, tidak ada yang bisa menyangkal pentingnya pencarian suara. Kemampuan untuk mencari sesuatu secara verbal membuat kehidupan sehari-hari lebih mudah, tetapi mungkin menyebabkan beberapa masalah untuk SEO. Selama bertahun-tahun, pencarian suara telah membuat orang-orang di dunia SEO merasa tidak nyaman. Kekhawatirannya adalah bahwa mereka akan mengambil alih perilaku konsumen dan meninggalkan semua situs web yang dioptimalkan secara tradisional. Namun, seiring berjalannya waktu, kita perlu menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di komunitas digital yang semakin mengandalkan pencarian suara untuk menemukan situs web.

Cara orang mencari sesuatu secara verbal akan memiliki kata-kata yang berbeda dari cara mereka mengetikkannya. Karena itu, SEO harus memikirkan kembali cara mereka memilih kata kunci jika mereka ingin peringkat untuk pencarian suara.

Agar kamu dapat bersaing, kamu harus mulai menggunakan kata kunci panjang berdasarkan percakapan. Kata kunci ini akan lebih banyak berbicara, karena orang tersebut akan benar-benar mengajukan pertanyaan seperti yang akan mereka lakukan kepada orang lain. Sebagian besar pencarian suara juga pencarian lokal, yang memberi lebih banyak alasan untuk memprioritaskan kata kunci panjang dengan spesifik lokal. Penting untuk diingat bahwa kamu harus membuat konten yang memiliki peluang untuk menentukan peringkat untuk pencarian suara dan pencarian yang diketik secara tradisional.

Share