Mempercepat Akses Website Dengan Menggunakan CDN

CDN adalah salah satu cara yang mudah digunakan untuk meningkatkan kecepatan dan mengurangi penggunaan resource yang digunakan pada website. Banyak sekali tips untuk mempercepat sebuah website namun perlu ditekankan kali ini adalah tentang penggunaan CDN, tetapi masih banyak pertanyaan apakah dengan CDN maka tidak memerlukan hosting lagi? Memang artikel penjelasan mengenai CDN secara non teknikal memang sangat jarang sekali dan artikel ini akan menjelaskan secara sederhana.

CDN adalah sesuatu yang dapat kamu gunakan selain harus memiliki akun hosting yang berfungsi untuk membantu mempercepat hal-hal berkaitan dengan file website kamu. CDN tidak menggantikan akun hosting web.

CDN adalah kependekan dari Content Delivery Network yang merupakan jaringan server yang mengirimkan konten statis yang di-cache dari situs web kepada pengguna berdasarkan lokasi geografis pengguna. Cukup membingungkan ya? Mari kita uraikan dengan kata-kata yang lebih sederhana.

Biasanya ketika pengguna datang ke blog WordPress milik kamu, mereka akan diarahkan ke server hosting web kamu. Sebagai contoh apabila lokasi pengunjung berada di USA, sedangkan server hosting dari website kamu berada di Indonesia. Karena jarak antara lokasi pengujung dan server hosting, pengiriman konten memerlukan proses waktu yang lama karena berdasarkan koneksi jaringan Indonesia ke USA. Tapi, dengan adanya server CDN berada di tempat-tempat sesuai dengan geografis pengunjung (misalnya Eropa, USA, dan Afrika) maka proses akses website kamu akan lebih cepat.

Di sinilah CDN berguna karena merupakan jaringan server, tetapi yang paling penting server ini tersebar di seluruh dunia. Ketika kamu menggunakan CDN, konten statis website akan di-cache dan disimpan di semua server ini. Konten statis termasuk gambar, stylesheet (file css), javascripts, Flash, dll. Sekarang ketika pengunjung mengunjungi website kamu (server hosting asal), teknologi CDN mengarahkan mereka ke server terdekat ke lokasi mereka.

Kedekatan lokasi pengunjung dengan server hosting web kamu berdampak pada waktu akses. Dengan menyebarkan konten di beberapa server yang tersebar secara geografis, dapat membuat halaman website memuat lebih cepat dari perspektif pengunjung. Dengan kata sederhana, semakin dekat server CDN ke tempat pengunjung website kamu, semakin cepat pengunjung mendapatkan konten.

Keuntungan menggunakan CDN
Performa:
Mengurangi hop dan latency serta meminimalkan packet loss sehingga website dapat diakses lebih cepat.

Peningkatan SEO:
Google dengan jelas menyatakan bahwa situs yang lebih cepat cenderung mendapatkan peringkat lebih tinggi di Mesin Pencari.

Reliability:
Konten yang tersebar di banyak server geografi CDN.

Hemat:
Mengurangi biaya server hosting untuk menambahkan lokasi tertentu

Cloud hosting Sorabit memberikan CDN Premium gratis hingga 60GB, sebagai salah satu komitmen kami sebagai one stop cloud solution, dengan jumlah pop yang tersebar di 5 benua dengan total 35 PoPs.

Share