Mengapa WordPress Self Host? Inilah 5 Alasannya

Bagi mereka yang pekerjaannya berhubungan dengan internet pastilah sangat akrab dengan istilah-istilah seperti hosting, online marketing, blog, niche, SEO dan sebagainya. Ya, itulah beberapa contoh kosakata yang sering kita temui saat berselancar di dunia maya. Kemudian ada istilah media sosial, toko online dan sejenisnya yang juga merupakan tren baru di era digital ini.

Kalau dulu orang mencari informasi harus membeli media cetak seperti koran atau majalah kini cukup dengan meluncur di dunia maya. Begitupun dengan para pedagang sekarang tidak perlu harus memiliki kios untuk berjualan karena bisa dilakukan dengan online, media online menjadi lapak wajib buat mereka.

Nah, agar semua hal yang dimaksudkan untuk online tersebut bisa ditemukan dan dilihat oleh orang maka kita harus meng-upload website kita ke dalam hosting. Hosting adalah sebuah cara untuk menyimpan data berupa file tulisan, gambar, aplikasi, email dan juga database dan kamu tentunya memerlukan penyedia hosting murah dan handal.

Ada beberapa pilihan platform untuk bisa gunakan sebagai blog, website atau media online sebagai wadah promosi  salah satu yang terbaik adalah WordPress Self Host.
Lalu mengapa harus menggunakan WordPress Self Host dibandingkan dengan platform lainnya? Inilah 5 alasannya.

Template Variatif

Membuat orang untuk bisa tertarik dan betah membuka blog atau website kita adalah hal yang penting. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membuat layout atau desain template yang bagus dan menarik.

WordPress menyediakan banyak pilihan template menarik yang bisa kita pilih. Kamu bisa menemukan tema wordPress secara gratis atau juga banyak opsi tema berbayar yang lebih profesional.

Berbagai Macam Plugin

Seperti halnya tema, kita juga bisa menemukan berbagai macam plugin yang sesuai dengan keinginan kita, opsi plugin gratis dan berbayar pun juga sangat banyak. sebagai contoh kamu bisa meningkatkan dan mengoptimalkan SEO dengan plugin Yoast, All In One SEO atau yang lainnya.

Pengaturan plugin yang disediakan cukup mudah. Kamu bisa mendownload, instal dan kemudian aktifkan plugin hanya dengan mengklik tombol mouse kamu. Ya semudah itu saja.

Multi User

Ketika kita menggunakan platform seperti blogspot misalnya penulis hanya ada 1 saja. Untuk WordPress kita bisa menambahkan penulis lain dengan keamanan yang tetap akan terjaga. Cara untuk menambahkan penulis lainnya juga tidak sulit untuk dilakukan.

Kita tidak perlu merasa kuatir bahwa web atau situs dan blog kita akan bocor karena semua penulis yang ditambahkan nantinya akan memiliki user name masing-masing. Adanya fitur yang memungkinkan adanya multiple author seperti pada WordPress ini tentunya akan memudahkan pekerjaan kita karena bisa sharing dengan yang lain.

Mudah Di Modifikasi

Jika kamu merasa kurang puas dengan themes dan plugin yang ada, tentunya kamu bisa memodifikasi wordpress sesuka hatimu, dengan kode yang terbuka kamu memiliki hak akses untuk memodifikasi tanpa batas.

Kamu telah menggunakan platform lain dan ingin mengkombinasikan dengan wordpress? tentu bisa saja. karena WordPress memang telah di desain agar dapat di integrasikan dengan platform lain. Bahkan juga sudah tersedia Rest API nya loh.

Komunitas Besar

Dan yang terakhir adalah wordpress memiliki komunitas yang sangat besar dan banyak, yang paling utama adalah mereka sangat terbuka dan sangat ramah. Kamu bisa bertanya apapun yang berkaitan tentang wordpress tapi usahakan dicoba dulu ya sebelum bertanya.

Share