Sertifikat SSL Gratis vs SSL Berbayar

Saat ini, enkripsi situs web tidak lagi hanya diperuntukkan bagi situs-situs e-commerce dan perusahaan. Keamanan web tetap menjadi perhatian utama di antara para pengguna dan mesin pencari, penting bagi kamu untuk memberi tahu orang-orang bahwa website milik kamu aman dan telah terpasang Sertifikat Secure Sockets Layer (SSL).

Sejak lahir Letsencrypt pada tahun 2015 hingga sekarang Sertifikat SSL gratis mulai banyak digunakan. Banyak pemilik website menjadikan SSL adalah produk yang harus digunakan bukan sekedar fitur, di samping itu google sebagai mesin pencari populer menjadikan SSL hal yang wajib digunakan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas Sertifikat SSL gratis dan bagaimana membandingkannya dengan SSL lain yang berbayar. Mari langsung kita bahas!

Apa yang SSL Gratis Tawarkan kepada Kamu

Salah satu tujuan utama SSL gratis adalah menyederhanakan proses memperoleh dan menginstal sertifikat SSL. Jika kamu pernah melakukan ini melalui CA (Certificate Authority) lain di masa lalu seperti startssl, untuk mendapatkan ssl gratis pada saat itu sangat merepotkan. Tetapi saat ini ssl gratis sangat mudah di pasang dan kamu tidak perlu membayar untuk pembaruan setiap tahun.

Di sisi lain, jika kamu belum pernah berurusan dengan sertifikat SSL sebelumnya, berikut adalah beberapa fitur terpenting yang dapat ditawarkan SSL gratis:

  1. Keamanan.
    Sertifikat SSL memungkinkan kamu untuk menggunakan protokol HTTPS di seluruh website milikmu yang berfungsi melakukan enkripsi data.
  2. Mudah
    Memperoleh dan memperbarui sertifikat biasanya merepotkan, tetapi SSL gratis membuat semuanya tetap sederhana.
  3. Search Engine Optimization (SEO) Friendly
    Saat ini, mesin pencari mewajibkan pemilik situs web untuk menggunakan protokol HTTPS di situs mereka. Dalam praktiknya, ini dapat diterjemahkan ke hasil SEO yang lebih baik.

Pada titik ini, SSL gratis mungkin terdengar seperti pilihan yang sempurna jika kamu belum pernah menggunakan sertifikat SSL sebelumnya, tetapi mari kita lihat bagaimana terhadap SSL lainnya.

Bagaimana Membandingkan SSL Gratis dan SSL Berbayar?

Tentu saja kita setuju ada manfaat yang jelas untuk menggunakan SSL gratis, itu tidak berarti kamu tidak mempertimbangkan opsi lain. Di bagian ini kita akan berbicara tentang tiga perbedaan utama antara SSL gratis dan SSL berbayar lainnya.

1. Jumlah Pilihan yang Tersedia
Perbedaan terbesar antara SSL gratis dan lainnya adalah bahwa yang SSL gratis hanya menyediakan penggunanya dengan sertifikat DV (Domain Validation). DV Ini tidak masalah untuk sebagian besar situs web sederhana, tetapi mereka bukan satu-satunya jenis yang tersedia, dan mereka tidak cukup untuk website tertentu. Misalnya, jika kamu menjalankan website e-commerce atau situs perusahaan atau pemerintahan, kamu mungkin ingin memilih sertifikat Extended Validation (EV), yang dilengkapi dengan standar verifikasi yang lebih tinggi yang biasa ditandai dengan greenbar pada browser.

2. Proses Penerbitan dan Pembaharuan
Proses pengaturan sertifikat SSL gratis jauh lebih sederhana daripada dengan opsi DV lainnya. Walau banyak provider hosting menawarkan untuk membantu memasang SSL untuk website kamu. SSL gratis mengharuskan kamu untuk memperbarui sertifikat setiap 90 hari, walaupun prosesnya dapat dilakukan secara otomatis. Di sisi lain, SSL berbayar biasanya menawarkan sertifikat dengan jangka waktu yang lebih lama (hingga tiga tahun).

3. Harga
Sulit untuk bersaing dengan label harga Rp.0 alias gratis terutama ketika SSL lainnya mengenakan tarif yang sangat tinggi untuk sertifikat yang serupa.
Tidak mengherankan bahwa SSL gratis mendapatkan daya tarik dengan cepat. Namun perlu dicatat bahwa karena sertifikat SSL gratis, kamu tidak mendapatkan jaminan seperti yang bisa kita dapatkan pada SSL berbayar yang memiliki jaminan asuransi jika terjadi pelanggaran keamanan.

Singkatnya, selama kamu tidak masalah dengan sertifikat DV sederhana, SSL gratis memang pilihan yang handal.

Kesimpulan
SSL gratis mungkin bukan solusi sempurna untuk setiap situs web, tetapi ini merupakan alternatif yang bagus bagi banyak situs web. Selain itu, layanan ini membuat penggunaan sertifikat SSL sangat mudah, yang berarti kamu tidak punya alasan untuk tidak menggunakannya. Selain itu memungkinkan kamu untuk menjaga informasi pengunjung website menjadi lebih aman dan yang lebih penting juga dapat membantu hasil SEO.

Yang terbaik dari semuanya, mendapatkan sertifikat SSL gratis jelas tidak akan dikenakan biaya sepeser pun, dengan SSL berbayar yang membebankan hingga jutaan rupiah per tahun untuk beberapa jenis sertifikat, memilih ssl gratis mungkin merupakan pilihan yang cerdas. Kecuali memang kamu benar-benar membutuhkan SSL berbayar untuk fitur yang tidak terdapat pada SSL gratis

Share