Apa dan bagaimana Teknik SEO On Page

SEO On Page adalah proses optimasi situs web agar mendapatkan posisi lebih baik dan menghasilkan lebih banyak lalu lintas dalam sebuah mesin pencari. Pada sebuah halaman web berkaitan erat dengan informasi dan aturan dari sumber kode HTML. Jika di bandingkan SEO Off-page yang hanya mencakup tautan atau link dan sinyal yang mengarah ke luar, maka On Page SEO berfokus pada struktur dari sebuah halaman website.

Pentingnya Teknik SEO On Page
Apa yang dimaksud SEO On Page adalah teknik yang pada dasarnya dilakukan di halaman website yang kamu miliki, SEO On Page adalah salah satu yang bisa kamu lakukan agar SEO website milikmu lebih baik dan efisien. Jika kamu membangun sebuah website yang luar biasa, berfokus pada teknik SEO On Page juga memiliki kemungkinan teknik SEO Off page juga akan berpengaruh hasilnya. Membuat link building dengan website berkualitas rendah adalah pekerjaan yang tidak mudah. Tidak akan ada yang mau link yang mengarah kepada website yang buruk atau membosankan.

Faktor penting dalam meningkatkan On Page SEO adalah penempatan yang sesuai yang nantinya dapat mempengaruhi posisi mesin pencari, penempatan yang dimaksud antara lain:

Judul Situs Web
Judul yang diberikan pada halaman adalah salah satu elemen SEO mendasar di situs web. Setiap halaman, artikel & posting harus memiliki judul khusus dan unik sendiri, yang terdiri dari kata kunci utama dan konten yang terdapat dalam situs web itu.

Deskripsi Meta
Beberapa orang sering kali lupa untuk menyertakan Meta Explanations untuk Halaman Web mereka. Penjelasan ini adalah posisi penting untuk memasukkan kata kunci dan kata-kata terkait untuk informasi website, karena ini digunakan dalam hasil pencarian ketika halaman web ditampilkan.

Meta Tags
Sisipkan meta tags, kamu dapat memasukkan satu set kata kunci dan kata-kata dalam jenis Meta Tag. Harus semua kata kunci dan kata-kata yang tepat dari informasi website sebagai preview dari sebuah konten.

Desain URL
Gunakan desain url yang konsisten, ringkas dan tidak terlalu panjang. URL berukuran pendek akan lebih sering muncul dalam tampilan pencarian dan lebih tertarget ketika menentukan kata kunci yang ada pada URL.

Body Tag (H1, H2, H3, H4, H5)
Saat memposting konten, kamu harus memecah informasi menjadi beberapa bagian yang lebih ringkas & frasa yang lebih dimengerti sangat dianjurkan untuk body tag ini H1, H2, H3, H4, H5 kamu sisipkan di halaman website kamu.

Kata kunci dan Kepadatan
Kata-kata terkait seluruh informasi yang disediakan website sangat penting, karena memungkinkan mesin pencari untuk mencocokan setiap kata dan frasa pada website milik mu. Di sisi lain, hindari penggandaan dan penggunaan kata-kata hanya untuk mencari kriteria sehingga terkesan di paksakan. hal ini dapat menyebabkan situs web kamu akan di hindari bahkan di banned dari mesin pencari.

Inner Connecting atau Hyperlinks
Orang sering percaya bahwa tautan yang ditambahkan haruslah berasal dari situs lain. Meskipun tautan dari luar diperlukan namun tidak terlalu penting, gunakan link tautan antar halaman agar crawler melakukan pengindeksan website milik kamu lebih optimal.

Dari banyak faktor dan teknik SEO, On Page SEO merupakan salah satu teknik SEO yang sangat dihandalkan dan tahan badai dari ancaman algoritme mesin pencari.
Disamping kualitas dari konten, penempatan dari SEO On Page pada halaman website bisa meningkatkan SERP di mata mesin pencari.

Share