Backup Website Itu Mudah dan Penting

Kamu masih belum tahu bagaimana cara membuat backup untuk website milikmu? Kamu tidak sendirian, karena masih banyak pemilik website yang belum tahu bagaimana cara melakukan backup website. Kebanyakan karena takut karena membutuhkan waktu yang lama atau backup yang gagal / tidak bisa di restore atau memang karena kurang begitu paham hal yang terlalu teknis.

Mengapa Backup Itu Penting?
1. Kebanyakan penyedia hosting tidak menyertakan backup karena pada dasarnya hosting dan backup adalah 2 produk yang berbeda. Mereka memerlukan investasi lebih untuk menyediakan backup para pelanggan dan jika pun mereka melakukan backup, sifatnya adalah internal dan tidak dapat secara khusus disediakan untuk para pelanggan.

2. Dalam proses pengembangan sebuah website, biasanya kamu melakukan proses pengembangan menggunakan komputer/laptop pribadi, bisa dikatakan bahwa data akan aman jika disimpan pada komputer/laptop pribadi. Namun jika kamu menjalankan sebuah blog/forum/crm seiring waktu akan banyak konten yang berharga yang telah di upload baik artikel, gambar dan sebagainya.

3. Memiliki backup yang up to date alias terbaru memungkinkan kamu untuk mengembalikan website kembali normal dengan cepat setelah terjadi error terutama ketika melakukan upgrade atau adanya kegagalan sistem. Ada banyak alasan mengapa kamu perlu segera mungkin untuk meng-online-kan website kamu dengan cepat termasuk hilangnya potensi pendapatan dan potensi penalti SEO.

Tahu kah kamu bahwa di sorabit cloud hosting terdapat sistem backup yang menjadi fitur utama yang diberikan oleh kami secara cuma-cuma alias gratis. Data website kamu, selalu kami backup setiap hari yang berjalan otomatis dan tersimpan selama 30 hari di server backup kami, yang berarti kamu bisa restore website kamu sampai 30 hari kebelakang.

Yang kita ketahui saat ini banyak sekali perusahaan yang menyediakan tools atau alat-alat yang membantu kita dalam melakukan backup website, seperti codeguard, dropmysite, UpdraftPlus, BoldGrid dan sebagainya. Jika kamu ingin menggunakan tools backup sendiri, pilihlah tools yang sesuai dengan kebutuhan kamu, seperti kapan saja akan kamu backup dan tentunya budget.

Hal yang paling penting ketika kamu menggunakan tools backup adalah, selalu memeriksa hasil backup, pastikan file yang dibackup tidak rusak dan backup berisi semua data yang kamu butuhkan untuk memulihkan website kamu sepenuhnya.

Share