2 Macam Internet Marketing Yang Bisa Mendapatkan Banyak Keuntungan

Internet marketing adalah salah satu metode pemasaran yang dianggap mempunyai banyak kelebihan. Anggapan seperti ini sama sekali tidak keliru mengingat internet marketing memang bisa menjangkau target pasar dengan lebih luas dan biaya promosi juga bisa lebih ditekan. Sejauh ini, orang-orang memahami internet marketing sebagai pemasaran secara online dengan menggunakan sarana internet.

Tapi, kalau hendak dijabarkan lebih jauh lagi, internet marketing bukan hanya tentang itu saja, melainkan juga mencakup berbagai hal yang ada kaitannya dengan pemasaran seperti branding serta membina hubungan dengan pelanggan yang semuanya dilakukan secara online. Untuk bentuk kegiatan internet marketing itu sendiri sebenarnya hanya 2, yaitu promosi online dan sumber penghasilan.

Promosi Online

Bentuk yang pertama ialah promosi online. Definisi dari promosi online ini sangat luas sekali, dan sesuai dengan namanya, segala sesuatu yang dipromosikan secara online mempunyai kesempatan besar untuk dikenali oleh masyarakat. Hampir semua bisnis bisa dipromosikan melalui internet ini. Tapi, bagaimana cara melakukannya?

Banyak kok, Kamu bisa melakukannya melalui Search Engine Optimization atau SEO, Social Media Marketing, Mobile Advertising, Email Marketing atau PPC Advertising. Mulai dari SEO terlebih dahulu, ini adalah bentuk internet marketing yang cenderung banyak ditempuh pebisnis, tapi memerlukan keahlian khusus dan prosesnya juga memakan waktu yang cukup lama.

Tidak semua orang menguasai SEO sehingga banyak pemilik bisnis atau website menyerahkan hal ini pada ahli SEO. Kemudian untuk Social Media Marketing, ini juga merupakan salah satu bentuk promosi online, tetapi dengan memanfaatkan media social. Sementara Mobile Advertising sendiri merupakan layanan pengiklanan dengan melalui perangkat mobile.

Lanjut ke Email Marketing, ini adalah kegiatan promosi yang dilakukan dengan memanfaatkan email. Cara promosi yang satu ini terdiri atas beberapa jenis yaitu beriklan di email orang lain, retention email serta direct email. Kemudian untuk PPC Advertising, ini mengharuskan pihak perusahaan yang ingin berpromosi untuk mengeluarkan sejumlah uang supaya iklan yang diinginkan bisa tampil di situs mereka.

Sumber Penghasilan

Bentuk internet marketing yang lainnya ialah sebagai sumber penghasilan. Jika Kamu ingin menjalankan internet marketing dengan tujuan untuk memperoleh pendapatan seperti ini, Kamu dapat melakukannya dengan beberapa macam bisnis yang terdiri atas menjual produk, PPL, PPS, PPC serta bisnis pelelangan online.

Untuk menjual produk, Kamu bisa menjual produk sendiri dan bisa juga dengan menjual produk orang lain. Produk yang dimaksud juga bermacam-macam, bisa produk yang berbentuk fisik atau yang berbentuk digital seperti file. Sementara untuk PPL, ini adalah singkatan dari Pay Per Lead.

Mudahnya, PPL ini merupakan program afiliasi dimana pihak penjual akan memberikan sejumlah komisi pada Kamu setiap kali Kamu berhasil mengirimkan lead pada penjual tersebut. Contohnya, Kamu mengarahkan pengguna internet sehingga mereka bisa mengisi formulir dengan melalui link afiliasi milik Kamu.

Sedangkan untuk PPS, ini sama seperti PPL. Sama-sama program afiliasi. Hanya saja bedanya adalah Kamu akan memperoleh komisi jika terjadi pembelian produk dengan melalui link afiliasi Kamu. Nah, kalau PPC adalah Pay Per Click, yaitu penghasilan yang diperoleh setiap pemilik website atau blog dengan menghitung banyaknya klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung.

Kemudian lanjut ke bisnis pelelangan online, ini artinya adalah Kamu dapat menjual sesuatu dengan cara lelang, baik itu milik Kamu sendiri ataupun milik orang lain yang Kamu bantu jualkan.

Baik itu bentuk internet marketing yang pertama maupun yang kedua, pada akhirnya sama-sama bisa mendatangkan keuntungan asalkan Kamu tahu cara melakukannya dengan benar. Dan lagi, setiap bentuk internet marketing tersebut, perlu Kamu pelajari dulu sebelumnya supaya keuntungan yang akan Kamu dapatkan bisa lebih maksimal.

Share