Membuat Artikel Menarik dan SEO Friendly

Hal yang telah kita ketahui untuk sebuah website atau blog bisnis agar disukai pengunjung dan search engine adalah konten artikel yang baik dan menarik, tentunya membuat artikel memang tidak bisa menjadi hal yang sembarang atau dibuat terkesan asal-asalan. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara agar artikel yang dibuat enak dibaca dan bisa terindeks oleh Google dan apalagi bisa mendapatkan urutan teratas di Google. Untuk itu, salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan membuat artikel yang SEO friendly sehingga ringan dibaca dan membuat si pembaca mudah mengerti.

Selain mudah mengerti, pembaca juga akan tertarik untuk menyimak sampai akhir hingga paham apa isi tulisan dan tujuan dari penulisan tersebut. Banyak para blogger, freelance writer yang berpengalaman juga menerapkan hal ini. Apalagi untuk kepentingan marketing yang sudah pastinya akan sangat membutuhkan artikel SEO friendly ini. Untuk itu yuk kita simak apa saja cara yang dibutuhkan agar bisa menulis artikel yang SEO friendly.

Utamakan User Experience

Adapun hal pertama yang perlu dilakukan agar bisa menghasilkan artikel SEO friendly adalah dengan mengutamakan user experience. Hal ini menjadi urutan pertama karena memang dianggap sebagai elemen paling penting ketika menulis artikel SEO friendly.

Nantinya, saat menulis, poin-poin lain yang ada di tulisan ini juga masih banyak yang berhubungan dengan user experience atau lebih umum disebut dengan UX. Banyak yang bertanya kenapa harus user experience? Jawabannya cukup sederhana “karena  sulit untuk dimanipulasi”.

Berbeda halnya dengan  backlink dan juga konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab berada di luar kontrol pemilik web. Jadi, tidak mengherankan jika inilah salah satu diantara banyak faktor penting yang digunakan Google guna meminimalisir manipulasi ranking yang ada di pencarian mereka.

Menggunakan Keyword di Judul Artikel

Adapun cara berikutnya adalah dengan memasukkan keyword di judul artikel. Hal ini memang terbukti efektif dalam menghasilkan artikel yang SEO friendly. Jika ingin bersaing di SERP, maka pastikan bahwa hal ini dilakukan. Judul merupakan elemen yang sangat penting dalam crawl Google dan tentu saja untuk menentukan topik yang ada dalam sebuah artikel.

Apabila tidak memberikan keyword utama pada judul, maka itu sama artinya dengan mempersilahkan Google untuk menebak tema yang ada dalam postingan. Peletakan keyword sebaiknya dilakukan di awal kata. Semakin ke kiri, maka akan semakin baik. Itu dia kuncinya. Meskipun begitu, hal ini bukanlah keharusan karena banyak artikel yang turut menyesuaikan dengan judul sebaik mungkin agar enak dibaca.

Gunakan Judul yang Menarik

Selanjutnya yang tidak kalah bagus untuk bisa dilakukan adalah menggunakan judul yang menggugah pembaca melakukan klik. Disini memang sangat terasa bahwa judul memberi andil besar terhadap banyaknya jumlah view dalam sebuah artikel. Tidak heran jika banyak orang yang berpikir lama hanya pada judul semata. Tentu saja bukan tanpa alasan karena judul memang sangat mempengaruhi minat baca.

Untuk itu, pikirkanlah dengan matang kalimat apa yang akan digunakan saat membuat judul. Posisikan diri sebagai pembaca yang apabila membaca tulisan terbuat akan merasa penasaran dan akhirnya memutuskan untuk melakukan klik.

Share