Strategi Link Building Untuk Pemula

Tahukah kamu bahwa backlink adalah salah satu dari 3 faktor dari peringkat pencarian teratas Google? Disini akan kita bahas strategi link building untuk pemula.

Membangun link tautan dapat menjadi tantangan jika kamu tidak tahu harus mulai dari mana. Itu sebabnya banyak orang melewatkannya, karena kita semua tahu bahwa konten nomor 1, namun, faktanya tetap link building adalah suatu keharusan.

Dalam panduan strategi link building untuk pemula ini, akan kita bahas dasar-dasar backlink untuk memberi kamu pemahaman yang lebih baik tentang apa yang harus dan tidak dilakukan dalam membangun tautan atau link building. Bahkan jika kamu memutuskan untuk menggunakan jasa agen SEO untuk mengambil alih strategi backlinking, setidaknya kamu mempunyai pengetahuan dasarnya.

Apa itu Backlink?

Menurut pakar SEO Neil Patel, Backlink adalah tautan yang melakukan perjalanan dari situs web lain ke situs web kamu. Mereka dapat berasal dari situs media sosial, forum dan direktori, tetapi paling sering berasal dari posting blog dan konten situs web lain. Idealnya, tautan tersebut berasal dari situs web lain yang relevan dalam niche dan bidang industri web milik kamu.

Backlink dari seluruh semesta internet. Setiap tautan yang kamu kumpulkan adalah suara yang memberi tahu Google ada seseorang yang merekomendasikan atau menyukai konten kamu. Misalnya, ketika kamu membuat hyperlink yang mengarah suatu website lain adalah backlink. Mengapa? Karena kamu secara tidak langsung merekomendasikan website mereka.

Optimasi On-Page vs. Off-Page

Sekarang kita sudah tahu apa itu backlink, selanjutnya mari kita membangun peran mereka dalam optimasi mesin pencari.

  • On-page SEO adalah semua yang kamu lakukan pada halaman web milik kamu untuk menjadikannya “ramah terhadap mesin pencari”.
  • Off-page optimization segala sesuatu yang terjadi di luar situs kamu, tetapi masih membahas atau menyebut yang relevansi dengan brand milik kamu — sebagian besar merupakan backlink (karena mereka mengarah situs kamu).

Berdasarkan penelitian statistik dari backlinko – telah memberi tahu kita bahwa tempat utama di halaman mesin pencari (SERP) adalah situs web yang paling banyak ditautkan ke topik tersebut.

Apa arti nya bagi kita? Tidak peduli jika kamu memiliki konten yang bagus dan strategi on-page sudah di optimalkan sebaik mungkin, jika link profil tautan kamu jelek maka kamu tidak akan mendapat peringkat yang baik.

Mengapa? Jika kamu menulis konten yang mirip dengan pesaing, tidak ada jaminan bahwa kamu akan mengalahkan mereka, kecuali kamu memiliki top noth strategi SEO. Sederhananya, kamu harus membangun lebih banyak tautan daripada mereka.

Jadi, meskipun kamu masih perlu memahami dan melakukan optimasi on-page, kamu tidak boleh mengabaikan link buillding. Mungkin terasa jenuh bahwa SEO yang baik berarti menghabiskan banyak waktu untuk strategi backlink seiringan dengan mengembangkan konten.

Jenis Backlink

Hal pertama dari yang utama, bagaimana cara kamu mendapatkan backlink? strategi link building yang bisa kamu ikuti?

Ada beberapa cara untuk mendapatkannya dan ada beberapa cara untuk tidak perlu untuk mendapatkannya. Kita coba dengan cara yang paling baik untuk menarik tautan ke website kamu.

Editorial Links

Ini adalah jenis tautan paling berharga yang bisa kamu dapatkan dan berpotensi melambungkan situs kamu mesin pencari (SERP). Ini berasal dari situs yang kredibel yang dapat mendorong volume lalu lintas yang baik seperti Detik, Kompas atau sejenisnya.

Editorial Link diberikan secara alami oleh situs atau halaman yang menautkan ke konten, halaman, dan produk kamu. Untuk mendapatkan tautan ini, kamu memerlukan konten berkualitas baik di situs kamu dan terhubung dengan kontributor di situs web untuk menciptakan kesadaran tentang hal itu.

Manual Links

Kategori link building ini sering disebut sebagai membangun penjangkauan. Untuk mendapatkan tautan manual, kamu perlu menjalin hubungan dengan blogger dan editor, lalu meminta mereka menautkan ke halaman atau produk kamu.

Tentunya untuk mendapatkan link outreach melibatkan negosiasi. kamu perlu membuat proposisi yang membuat seseorang tahu mengapa membuat backlink untuk website kamu adalah bisa berguna bagi mereka.

Random Links

Kategori tutan ini bisa jadi tidak jelas karena mencakup segala sesuatu mulai dari Tautan Wiki, tautan direktori, profil pengguna, tanda tangan forum, tautan video, dan segala macam lain yang kamu kumpulkan di internet. Pengguna cukup mengirimkan situs mereka untuk ditampilkan kepada publik.

Tautan bernilai rendah ini menggambarkan bahwa semakin mudah mendapatkan backlink, semakin rendah nilainya. Terlalu banyak dari ini akan membuat situs kamu terlihat ‘spam.’ Layanan SEO berkualitas rendah cenderung menggunakan teknik ini.

Sekarang kamu tahu apa itu backlink dan mengapa itu penting, mari kita fokus untuk membangun profil backlink situs web kamu. Untuk mencapai posisi yang lebih baik di mesin pencari, kamu perlu menerapkan taktik yang menarik tautan web ke situs kamu.

Berikut adalah strategi link building yang bisa kamu gunakan;

Cari yang paling mudah

Sebagai pemula yang yang sedang melakukan link building, kamu mungkin merasa kewalahan. Untuk membantu kamu tetap fokus, kami sarankan memulai dengan sesuatu yang mudah – khususnya, backlink gratis dari direktori bisnis online.

Cukup daftarkan situs kamu di direktori bisnis, marketplace dan sebagainya lalu tanamkan backlink.

Taruh link kamu sesuai dengan niche atau dengan melakukan pencarian di google, seperti contoh direktori kerajinan tangan dan sebagainya.

Buat Konten yang bisa di tautkan

Jika kamu memiliki konten yang berharga, semakin besar kemungkinan orang akan membuat tautan di website miliknya. Kamu bisa mendapatkan ide konten dengan melakukan riset niche dan mempelajari kompetitor selanjutnya kamu akan dapat membuat konten berkualitas untuk website kamu.

Promosikan Konten di website lain

Jika kamu ingin mendapatkan trafik dari mesin pencari, kamu perlu mendapatkan tautan yang bagus ke website kamu secara konsiste. Untuk mendapatkan tautan itu, kamu tidak haya bisa mengandalkan orang orang telah mengunjungi website kamu dan berharap mereka akan menautkannya di website milik mereka.

Dalam SEO meminta orang-orang untuk memasang link disebut outreach. Cara yang terbaik adalah dengan menghubungi pemilik website melalui email atau pesan kepada mereka.

Membuat Guest Posting

Guest posting adalah cara mudah untuk mendapatkan backlink. Beberapa pemilik website mengijinkan beberapa guest post untuk mereka. Pastikan kamu membuat konten sesuai dengan niche mareka dan ikuti aturan link yang mereka terapkan. Dengan guest post kamu mendapatkan backlink yang lebih bertarget dan ini adalah strategi link building yang sering digunakan.

Tangkap Backlink Pesaing

Jika sesuatu strategi bekerja untuk pesaing, ada kesempatan strategi tersebut berhasil untuk kamu juga. Kamu bisa mencoba menyalin sumber link dari pesaing dan menganalisanya, gunakan tools dari ahrefs atau moz untuk mendapatkan hasil analisa backlink kompetitor.

Share