Update Terbaru WordPress 5.5

Pada tanggal 11 Agustus 2020 lalu, wordpress telah merilis update terbaru dengan nama Eckstine untuk menghormati Billy Eckstine.
WordPress 5.5 ini adalah rilis besar kedua pada tahun ini dan mencakup lebih dari 307 perbaikan bug, 157 peningkatan, dan implementasi dari permintaan fitur dari pengguna antara lain pembaruan otomatis hingga peningkatan fitur yang sudah ada, dari banyak nya fitur di Worpdress 5.5 kita akan bahas beberapa pembaruan paling signifikan:

Pembaruan Tema dan Plugin Otomatis

Memelihara situs WordPress bisa menjadi tugas yang memakan waktu, terutama jika kamu memilii banyak situs WordPress. Pembaruan plugin dari banyak website tentu tidak sebentar bisa memakan waktu berjam-jam tergantung pada berapa banyak situs web yang kamu kelola.

Menjaga core WordPress dan plugin serta tema agar selalu update sangat penting untuk menjaga keamanan situs. Apa yang dulunya adalah fitur yang disediakan oleh penyedia hosting WordPress, kini sudah tersedia di WordPress 5.5: Pembaruan Tema dan Plugin Otomatis. Sekarang kamu dapat memilih untuk tetap memperbarui plugin dan tema secara otomatis.

Peningkatan Aksesibilitas

WordPress membuat fitur aksesibilitas dengan serius. Versi 5.5 mencakup 34 perbaikan dan peningkatan aksesibilitas.

– Mode alternatif untuk daftar table
– Merubah widget daftar tautan menjadi blok navigasi HTML5
– Menyalin tautan di layar media dan dialog modal dapat dilakukan dengan satu klik
– Styling tombol baru yang dinonaktifkan
– Memindahkan kotak Meta dengan keyboard
– Logo di halaman depan tidak lagi terhubung ke halaman depan
– Status pesan di Editor Gambar untuk perangkat bantu
– Animasi goyang yang menunjukkan kegagalan login

Block Update

WordPress 5.5 mencakup sebelas rilis baru dari plugin Gutenberg, menghadirkan daftar panjang fitur baru yang menarik. Secara keseluruhan, Versi 5.5 menghadirkan lebih dari 1.500 peningkatan yang berguna pada pengalaman editor blok. Berikut ini beberapa di antaranya:

Inline image editing: Crop, rotate dan zoom gambar inline langsung dari image block
Block patterns: Membuat halaman yang rumit bisa sangat mudah dengan pola blok baru
Device previews: Lihat bagaimana konten akan terlihat bagi pengguna di berbagai ukuran layar
Block Directory: Cari, instal, dan masukkan blok pihak ketiga dari editor menggunakan direktori blok baru
Backgrounds and gradients: Kamu dapat menambahkan latar belakang dan gradien ke lebih banyak jenis blok, seperti grup, kolom, media & teks
Advance measurements support: Pilih ems, rems, persentase, vh, vw, dan banyak lagi. Selain itu, dapat digunakan untuk menyesuaikan ketinggian garis saat mengetik, mengubah penulisan dan penyusunan huruf

Image Lazy Load

WordPress 5.5 sekarang menyertakan lazy load dengan menggunakan standar browser baru. Gambar yang lambat dimuat tidak akan muncul browser pengguna dan fitur ini dapat menghemat bandwidth, dan meningkatkan kecepatan situs. WordPress 5.5 menjadikannya opsi default dengan menambahkan atribut ‘loading’ ke tag img. Atribut ini didukung oleh sebagian besar browser web modern.

ZIP file theme and plugin updates

Sebelum WordPress 5.5, pengguna tidak dapat memperbarui tema atau plugin melalui penginstalan file ZIP tanpa menggunakan plugin. Dalam versi terbaru ini memperbarui tema atau plugin bekerja dengan cara yang sama seperti mengunggah yang baru. WordPress sekarang mengarahkan pengguna ke layar baru yang membandingkan versi yang saat ini diinstal dengan versi yang diunggah setelah mengklik tombol Instal Sekarang.

XML Sitemaps

Sitemap sangat penting untuk SEO dan pengguna menemukan konten di situs web kamu. Sitemap XML sekarang disertakan di WordPress dan diaktifkan secara default. Fitur yang harusnya sudah muncul sejak dulu.

Akhir Kata tentang WordPress 5.5

Kami sendiri sudah menggunakan versi ini sejak rilis dan bisa di bilang peningkatannya sangat signifikan seperti yang telah kami sampaikan ditulisan ini. WordPress 5.5 juga sudah kami uji di Cloud Hosting Wodpress dan hasilnya luar biasa dalam peningkatan kecepatan akses.

Share