5 Strategi Meningkatkan Brand Awareness

Pastinya kita sudah pernah mempromosikan produk atau website melalui media sosial, hampir semua media social bisa dibilang efektif untuk melakukan promosi. Karena memang pada zaman ini besarnya peran media social tidak diragukan lagi. Terutama ketika menggunakannya untuk media pemasaran dan brand awareness atau kesadaran merek.

Sebelum kita berlanjut kepada strategi meningkatkan brand awareness, kita perlu tahu terlebih dahulu apa itu brand awareness.
Jika kita membicarakan tentang suatu produk, misalkan handphone, parfum, sabun, atau hosting, merek apa yang terlintas di pikiran kamu? Ingatan kita akan merek-merek tersebut adalah kesadaran kita akan merek yang telah tertanam pada kita itulah brand awareness. Hal-hal yang membuat kita terpengaruh biasanya dari logo merek, slogan atau produk itu sendiri. Brand awareness bisa di sebut sebagai salah cara meningkatkan penjualan dan memperoleh pelanggan baru.

Berikut adalah beberapa strategi untuk meningkatkan brand awareness.

1. Penggunaan Slogan
Slogan adalah sebuah kalimat singkat yang tujuannya agar mudah di ingat, kreasikan slogan yang sederhana namun mengena sesuai dengan bisnis yang kamu geluti. Slogan cukup pendek saja, tidak perlu terlalu panjang dan terlalu bertele-tele karena kunci slogan adalah dibuat sesingkat mungkin. Gunakan slogan yang memiliki makna dengan kehidupan sehari-hari, bermotivasi, mencolok dan sedikit provokatif.

2. Kerja sama dengan Grup atau Orang Berpengaruh
Kamu bisa melakukan kerjasama dengan grup atau kelompok organisasi dan ini adalah salah satu strategi yang bisa saling menguntungkan. Kerjasama dengan grup sesuai dengan bisnis yang sedang dijalani, karena biasanya grup telah memiliki jaringan serta hubungan yang sangat kuat dengan banyak orang tentu akan sangat menguntungkan.

Kerja sama dengan orang-orang yang populer di media sosial / endorsement menjadi salah satu stragegi selain bekerjasama dengan grup tertentu. orang yang populer di media social biasanya memiliki banyak pengikut atau penggemar di akun jejaring sosial mereka. Jika kamu memasarkan produk menggunakan jasa mereka maka sangat banyak pengikut orang berpengaruh tersebut yang menaruh kepercayaan atau paling tidak mengingat brand milik kamu.

3. Beriklan
Menggunakan iklan adalah “cara lama” yang masih sangat efektif, banyak platform yang dapat membantu kamu untuk berpromosi, terutama di jaringan media sosial. Kamu bisa berikan menggunakan social media facebook, twitter dan instagram. Promosi menggunakan iklan lebih tertarget karena bisa diatur berdasarkan, umur, minat, jarak dan wilayah.
Semakin sering iklan terlihat atau muncul di beranda pengguna maka akan semakin melekat suatu merek dalam pikiran mereka.

4. Konten dan Viral Marketing
Online menjadi moda lalu lintas baru dengan luasnya jangkauan membuat strategi brand awareness melalui media sosial menjadi hal yagn wajib dilakukan. Membuat konten yang viral untuk memanfaatkan orang yang rutin mengakses jaringan social media menjadi pilihan lain yang bisa sangat efektir. Membuat strategi promosi menggunakan konten agar viral memang tidaklah mudah, karena konten harus menarik, informatif dan mungkin sedikit provokatif, bisa berupa tulisan, gambar maupun video. Ide dari konten viral adalah bagaimana mendorong seseorang menyebarluaskan kepada orang lain.

5. Promo, Kontes atau Seminar
Yang terakhir untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan mengadakan lomba, kontes atau seminar. Adakan kontes dengan hadiah yang menarik agar dapat diikuti oleh banyak orang. Membuat syarat peserta kontes untuk membagikan informasi atau menandai orang-orang bisa menjadi strategi, karena tanpa disadari kontes bisa menjadi viral.

Selain mengadakan kontes, membuat promo pada waktu-waktu tertentu bisa menarik minat banyak orang atau menggabungkan keduanya sangat direkomendasikan.

Selain promo dan kontes, mengadakan seminar bisa meningkatkan brand awareness, bahkan bisa menjangkau orang-orang yang belum terjangkau sebelumnya. Kamu bisa menggabungkan kontes, promo dan seminar dalam satu waktu sehingga menjadi lebih optimal.

Share