Apa Itu Siklus Masa Aktif Domain?

Ada satu hal dimana kita mengabaikan betapa pentingnya mengetahui sebuah siklus masa aktif domain mulai dari tersedia hingga penghapusan, padahal penting sekali kita mengetahui bahwa jika domain expired maka kemungkinan untuk tersedia kembali sangat minim, apalagi jika domain sudah memiliki konten dan trafik yang lumayan.

Kamu harus memahami siklus dari setiap nama Domain. Karena ini adalah hal yang paling penting, mari kita pahami apa yang terjadi antara pendaftaran dan penonaktifan nama domain. Setelah kamu mengetahui tentang siklus hidup nama domain, mungkin kamu dapat mempertahankan nama domain yang berada di ambang penghapusan atau mungkin kedaluwarsa secara tidak sengaja.

Nama Domain yang Tersedia
Dalam siklus domain tahap pertama adalah ketersediaan. Disini nama domain masih tersedia dan tidak terdaftar di pihak manapun. Cari penyedia domain terpercaya untuk mencari ketersediaan domain dan segera daftarkan agar tidak jatuh kepihak lain.

Periode Terdaftar
Domain yang telah terdaftar sesua masa aktif, setelah pendaftaran berhasil biasanya domain akan berstatus HOLD selama 60 hari dimana domain tidak akan bisa di transfer ke tempat lain. Domain yang telah terdaftar bisa di renewal dan pastikan domain di renewal sebelum masa aktif habis.

Periode Kadaluarsa / Expired
Jika domain telah habis masa aktif maka status domain tidak aktif dan tidak dapat di transfer keluar, selama masa expired domain bisa di renewal selama kurang dari 30 hari. Jika sudah lewat dari 30 hari maka domain akan masuk ke fase selanjutnya yakni periode Redemption/Grace

Periode redemption / Grace
Masa expired yang berakhir setelah 30 hari maka domain akan masuk ke fase ini. Pada fase ini domain masih bisa di renewal tetapi dengan status restore sehingga akan dikenakan biaya pinalti dengan rata-rata biayanya lebih dari sepuluh kali lipat harga domain normal.

Periode Pending Deletion
Jika kamu melewati fase expired dan redemption selanjutnya domain akan masuk ke fase Pending Deletion. Pada masa ini domain tidak bisa di renew dan bersiap untuk dilakukan penghapusan agar tersedia kembali. Namun kadang beberapa registrar domain akan memasukan domain ke auction/pelelangan.

Periode Deleted dan re Available after Deleted
Domain yang melewati masa periode dan tidak masuk ke pelelangan akan tersedia agar bisa di daftarkan kembali. Domain yang expired jarang sekali masuk ke periode ini terutama domain yang sudah bertrafik.

Setelah mengetahui siklus domain ini diharapkan kmau untuk segera melakukan renewal domain jangan sampai masuk ke periode redemption/grace, karena kebanyakan domain akan berpindah tangan di pelelangan ketimbang tersedia kembali.

Share