Investasi Domain Dalam Kondisi Ekonomi Lemah

Sejak mulai menyebarnya virus corona covid-19 ekonomi dunia mengalami penurunan, orang-orang lebih hati-hati dalam mengelola keuangan. Pentingnya untuk memiliki pegangan financial yang baik untuk bertahan dalam masa-masa yang tidak pasti.

Jika kamu adalah salah satu pelaku investasi terutama investasi domain, perlu memahami apa yang ada akan terjadi di masa depan dan mempertimbangkan peluang yang dapat muncul dengan sendirinya.

Memperluas Arus Kas

Ada dua jenis investor di dunia ini: mereka yang tidak memiliki simpanan uang dan mereka yang memang memiliki simpanan uang.
Jika kamu masuk dalam kategori pertama, saatnya untuk membuat rencana diatas kertas. Tujuannya adalah untuk menghemat menggunakan uang selama mungkin sehingga kamu dapat mencapai sisi lain dari pengurangan yang akan terjadi.

Buat Rencana Keuangan
Memahami posisi diri kita sendiri adalah kuncinya. Mulailah dengan melihat portofolio nama domain dan kapan nama domain kedaluwarsa. Buat perkiraan berapa banyak uang yang kamu butuhkan untuk memperbarui domain setiap bulan. Hitung jumlah domain yang kedaluwarsa setiap bulan dengan biaya perpanjangan. Perkirakan biaya perpanjangan untuk 12 bulan ke depan.

Perkiraan penggunaan uang ini menunjukkan jumlah minimum yang harus kamu keluarkan untuk mempertahankan portofolio domain sehingga kamu tidak perlu membiarkan domain terbaik kesayanganmu berakhir kedaluwarsa.

Tentunya kita berharap kamu dapat melakukan beberapa penjualan domain untuk mengimbangi biaya pembaruan tetapi memperkirakan penjualan jauh lebih sulit daripada memperkirakan biaya perpanjangan.

Penjualan domain aftermarket dapat bergerak ke berbagai arah selama resesi. Orang-orang yang diberhentikan dari pekerjaan atau memiliki lebih banyak waktu akan memulai bisnis online, dan tentunya mereka memerlukan nama domain. Pada saat yang sama, bisnis lain akan menunda membeli domain sampai masa depan lebih pasti.

Bersikaplah hati-hati dan seksama saat memperkirakan pendapatan penjualan domain dan membandingkannya dengan biaya perpanjangan. Anggap penjualan akan menurun, tidak membaik. Setiap penjualan yang masuk di atas garis dasar modal adalah bonus tetapi jangan sampai terlambat ketika harus memperbarui domain.

Optimalkan Penjualan
Orang cenderung menjadi malas ketika keadaan sedang baik. Namun sekarang adalah saat yang tepat untuk memastikan kamu untuk meningkatkan penjualan.

Mulailah dengan memastikan semua domain dalam keadaan siap untuk di pasarkan. Periksa nameserver untuk semua domain dan pastikan halaman penjualan domain bisa diakses dengan baik, selain itu pastikan kamu sudah terdaftar di domain marketplace favorit kamu. Pertimbangkan untuk menambahkan harga BIN atau “beli sekarang” untuk meningkatkan minat dan peluang dari orang yang akan membeli domain milikmu.

Lihat penawaran yang pernah kamu tolak selama 6-12 bulan terakhir. Jika memang kamu benar-benar ingin melepas domain agar cashflow kamu tetap lancar, pertimbangkan untuk menghubungi kembali calon pembeli yang tertarik untuk melihat apakah kamu masih dapat menegosiasikan kesepakatan.

Peluang domain kadaluarsa ada di margin dan jumlah peserta lelang. Jika pelelangan hanya memiliki dua penawar, penawaran yang menang bisa jauh lebih rendah.

Cari Peluang Domain Baru

Jika kamu masih memiliki uang lebih dan sedang mencari peluang, inilah saatnya untuk mengawasi pasar.

Banyak orang ingin untuk menurunkan harga jual . Seperti pasar properti, nilai domain mungkin perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan resesi. Jika resesi berlangsung lama, beberapa pemilik domain akhirnya akan menurunkan harga jual domain untuk menjaga cashflow mereka.

Lihat kembali domain yang telah kamu incar selama setahun terakhir di mana pemilik domain saat itu masih enggan menjual domain milik mereka. Hubungi mereka lagi untuk melihat apakah mereka tertarik untuk menjual sekarang mengingat keadaan yang berubah.

Perhatikan juga baik-baik nama domain kadaluarsa. Harga lelang domain kadaluarsa akan tetap tinggi sampai investor domain tidak sesuai dengan harga lelang. Ketika satu atau dua investor domain tidak lagi melakukan bidding maka harga domain otomatis turun.

Tetap Tenang

Orang seringkali membuat keputusan yang buruk ketika mereka berada di bawah tekanan. Dengan meluangkan waktu sekarang untuk menghitung estimasi biaya yang akan datang, kamu dapat berpikir jernih saat menerima penawaran atau ketika sedang bernegosiasi.
Semoga resesi ini segera berakhir. Ada alasan mereka mengatakan berharap untuk yang terbaik, bersiaplah untuk yang terburuk.

Share